Hadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dengan 4 Hal Ini

masyarakat ekonomi asean

Memasuki tahun baru 2016 artinya era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) telah dimulai. Feeling excited? Atau malah jadi takut susah cari kerja? Anda tidak perlu khawatir. MEA memang membuat resah sebagian masyarakat Indonesia, tapi dengan pengetahuan yang cukup dan persiapan yang matang, MEA akan jadi batu loncatan untuk kesuksesan karier Anda.

Pemberlakuan MEA secara otomatis akan meminimalisasi hambatan dalam kegiatan ekonomi lintas kawasan, termasuk hambatan-hambatan dalam perdagangan barang dan jasa. Ini juga berarti, MEA akan membuka kesempatan yang lebih luas bagi para pekerja di Indonesia, sekaligus meningkatkan persaingan dalam lapangan pekerjaan.

Nah, karena persaingan kerja akan semakin ketat, maka Anda harus lebih aktif dan cerdas dalam menghadapi MEA. Berikut ini beberapa insights dari Jobplanet untuk Anda menghadapi MEA:

  • Karena MEA menerapkan free flow of skilled labor (arus bebas tenaga kerja terampil), kesempatan untuk bekerja di perusahaan yang bergerak di industri kesehatan, pariwisata, jasa logistik, dan manufaktur akan terbuka semakin lebar. Dengan demikian, Anda yang sedang mencari kerja bisa mempertimbangkan industri-industri tersebut sebagai pilihan karier Anda.
  • Menarik investor asing adalah salah satu tujuan dari MEA. Jadi, jangan kaget kalau nanti ada semakin banyak perusahaan asing yang bermunculan di Indonesia. Anda justru tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan ini begitu saja, karena di sana Anda dapat menunjukkan kemampuan Anda dalam bersaing dengan para tenaga kerja asing. Anda bisa mulai mencari informasi mengenai perusahaan-perusahaan asing yang ada di Indonesia. Jangan lupa, tingkatkan kemampuan berbahasa asing Anda agar tak kalah bersaing.
  • Setelah memasuki MEA, Anda harus berusaha lebih keras untuk mencari pekerjaan karena Anda tidak hanya akan bersaing dengan masyarakat lokal, tapi juga dengan tenaga-tenaga kerja profesional dari negara tetangga. Selain mengasah kemampuan dan meningkatkan kemampuan berbahasa asing, Anda juga perlu mempelajari teknik-teknik wawancara kerja yang baik. Untuk yang satu ini, Anda tak perlu khawatir. Anda bisa mencari bocoran pertanyaan-pertanyaan wawancara di berbagai perusahaan di Jobplanet.┬áDi website tersebut, Anda juga bisa menemukan jawaban interview seperti apa yang membuat para kandidat lolos maupun tidak. Setelah itu, Anda bisa mempersiapkan jawaban terbaik Anda.
  • Semakin mudahnya kegiatan ekspor-impor juga akan memperluas kesempatan bagi tenaga kerja Indonesia untuk merintis bisnis sendiri atau berwirausaha. Dengan ini, produk yang Anda hasilkan tidak hanya bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia saja, tapi juga negara-negara lain. Namun, sebelum memutuskan untuk memulai usaha, lakukanlah riset pasar terlebih dahulu untuk menemukan ide bisnis terbaik yang menguntungkan dan bermafaat bagi banyak orang.

Semoga informasi ini berguna bagi Anda untuk mempersiapkan karier terbaik di era MEA! (chk/wid)

Comments

comments