Daftar Perusahaan yang Paling Menarik Perhatian Pencari Kerja di Indonesia Tahun 2016 Berdasarkan Riset Jobplanet

daftar perusahaan yang paling diminati

Jakarta, 15 Desember 2016 – Daftar Perusahaan yang Paling Menarik Perhatian Pencari Kerja di Indonesia Tahun 2016 dirilis oleh Jobplanet berdasarkan riset yang dilakukan selama November 2015 hingga Oktober 2016, dengan 43.200 perusahaan sebagai sampelnya. Jobplanet mengelompokkan perusahaan-perusahaan tersebut berdasarkan jenisnya, yakni korporasi dan startup.

Analisis dilakukan terhadap jumlah pageview atau kunjungan ke laman-laman perusahaan yang ada di Jobplanet.com. Perusahaan yang masuk dalam daftar ini adalah perusahaan yang mendapatkan kunjungan terbanyak dari pengguna Jobplanet.

Banyaknya jumlah kunjungan ke laman suatu perusahaan menunjukkan tingkat ketertarikan pengguna Jobplanet, yang juga merupakan para pencari kerja, terhadap perusahaan tersebut.

Dalam kelompok korporasi, perusahaan yang menempati posisi teratas dalam Daftar Perusahaan yang Paling Diminati di Indonesia Tahun 2016 adalah PT Pertamina yang menarik kunjungan sebanyak 0,56% dari total kunjungan di situs Jobplanet.com. Sementara dalam kelompok startup, perusahaan yang menempati posisi teratas adalah PT Tokopedia (0,29%).

Berdasarkan riset ini, Jobplanet menemukan bahwa:

  • PT Pertamina menempati posisi teratas dalam daftar korporasi yang paling menarik perhatian pencari kerja di tahun 2016. Hal itu menunjukkan, bahwa meski industri minyak dan gas sedang mengalami masa sulit di sepanjang tahun ini, tapi ketertarikan pencari kerja untuk bekerja di industri ini tetap tinggi. Selain PT Pertamina, PT Chevron Pacific Indonesia juga masuk dalam daftar tersebut.
  • Selain perusahaan minyak dan gas, perusahaan korporasi yang paling menarik minat pencari kerja adalah yang bergerak di industri perbankan, otomotif, telekomunikasi, dan manufaktur.
  • Sementara itu, seluruh startup yang paling menarik perhatian pencari kerja bergerak di bidang e-commerce. Hal ini dapat disebabkan karena kebanyakan startup yang menunjukkan perkembangan di Indonesia adalah startup e-commerce. Selain itu, seiring dengan makin gencarnya pertumbuhan e-commerce dan meningkatnya kepercayaan masyarakat akan keamanan dalam melakukan transaksi online, e-commerce juga dipandang sebagai industri yang menjanjikan.

Berikut daftar korporasi dan startup yang paling menarik perhatian pencari kerja di Indonesia:

Daftar Korporasi yang Paling Menarik Perhatian Pencari Kerja di Indonesia Tahun 2016

  1. PT Pertamina (0,56%)
  2. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) (0,42%)
  3. PT Unilever Indonesia Tbk (0,41%)
  4. PT Bank Mandiri Tbk (0,40%)
  5. PT Astra Honda Motor (0,30%)
  6. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) (0,28%)
  7. PT Chevron Pacific Indonesia (0,22%)
  8. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) (0,22%)
  9. PT HM Sampoerna Tbk (0,18%)
  10. PT Indomarco Prismatama (Indomaret) (0,18%)

 

Daftar Startup yang Paling Menarik Perhatian Pencari Kerja di Indonesia Tahun 2016 

  1. PT Tokopedia (0,29%)
  2. PT Global Digital Niaga (Blibli.com) (0,16%)
  3. PT Sale Stock Indonesia (0,15%)
  4. PT Traveloka Indonesia (0,15%)
  5. PT GO-JEK Indonesia (0,14%)

  

– SELESAI –

  

Tentang Jobplanet
Jobplanet merupakan platform komunitas online untuk berbagi informasi seputar dunia kerja dan perusahaan. Jobplanet menyajikan beragam informasi tentang dunia kerja dari segala sisi, termasuk review perusahaan, informasi gaji, kisi-kisi pertanyaan dalam wawancara kerja, serta informasi lowongan kerja.

Comments

comments