Cara Menghadapi Politik Kantor

cara menghadapi politik kantor

 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Pada dasarnya, politik kantor bukanlah hal yang asing dalam dunia kerja, bahkan cenderung dianggap biasa. Setiap orang pasti memiliki kepentingannya masing-masing, terutama dalam lingkup pekerjaan. Sayangnya, ada saja pihak-pihak tertentu yang menggunakan cara tidak terpuji demi mencapai tujuannya. Misalnya, demi mendapatkan kenaikan jabatan.

Nah, dalam kebanyakan kasus, politik kantor lebih sering menimbulkan konflik, terutama bagi pihak-pihak yang merasa dirugikan. Lalu, bagaimana cara menghadapinya?

  • Kenali budaya perusahaan. Dengan memahami budaya perusahan, Anda akan semakin mudah mengambil tindakan atas permainan politik di perusahaan Anda. Bahkan agar tidak kaget, sebelum masuk ke sebuah perusahaan baru sebaiknya Anda baca dulu review para karyawannya di Jobplanet.
  • Jangan cepat menarik kesimpulan. Ketika Anda melihat seorang rekan kerja mendapat promosi sedangkan Anda merasa Anda atau orang lain lebih pantas untuk menerimanya, jangan berburuk sangka dulu lantas menuduh ini sebagai bagian dari politik kantor. Mungkin saja tanpa diketahui banyak orang, rekan Anda itu memang menunjukkan kualitas kerja yang memuaskan, sehingga atasan menilai ia layak untuk menerima promosi tersebut.
  • Tak perlu ikut-ikutan. Terkadang politik kantor berawal dari gosip atau desas-desus antarkaryawan. Dengan Anda ikut meneruskan gosip yang belum jelas kebenarannya, bisa jadi tanpa sadar Anda telah merugikan orang lain yang tidak bersalah.
  • Pertahankan sikap profesional. Dalam menghadapi politik kantor, selalu sadari setiap tindakan Anda dan jagalah sikap agar tetap profesional. Jangan biarkan rekan kerja yang senang bermuka dua di hadapan atasan membuat konsentrasi Anda pada pekerjaan terganggu. Tak usah khawatir, atasan yang baik pasti mampu menilai potensi dan kemampuan karyawannya secara bijak.
  • Kumpulkan bukti. Apabila Anda mulai terseret ke dalam permainan politik di tempat kerja, maka saatnya Anda membangun benteng pertahanan. Contohnya, demi keuntungan pribadi rekan kerja Anda memberikan informasi palsu yang secara tidak langsung menjatuhkan Anda. Nah, agar tidak terulang kembali, Anda bisa coba kumpulkan segala dokumen, saksi, atau hal-hal lain yang bisa Anda jadikan sebagai bukti untuk menjaga reputasi Anda.
  • Mundur perlahan. Berlama-lama bertahan di lingkungan kerja yang kental dengan politik kantor tidak akan membawa kebaikan bagi karier Anda. Untuk itu, tak ada salahnya Anda mulai menelusuri info lowongan kerja di Jobplanet. Bukan tidak mungkin dengan sambil membaca review para karyawannya, Anda bisa menemukan perusahaan yang bersih dari politik kantor.

Comments

comments