Cara Membuat Surat Lamaran yang Menarik

cara membuat surat lamaranCara Membuat Surat Lamaran – Surat lamaran kerja atau yang dapat disebut sebagai cover letter adalah salah satu syarat yang biasa diajukan perusahaan kepada para pelamar. Lewat surat lamaran ini, Anda berkesempatan untuk menyampaikan kepada recruiter latar belakang serta keunggulan-keunggulan Anda secara cukup mendetail dalam bentuk paragraf.

Bagi para lulusan baru, membuat surat lamaran merupakan kendala yang sering ditemui saat melamar pekerjaan pertama. Alasannya mereka belum mendapat gambaran seperti apa surat lamaran kerja yang baik dan benar. Untuk itu, berikut ini Jobplanet menyediakan panduan bagi Anda untuk membuat surat lamaran kerja yang dapat memikat perusahaan.

  1. Sebelum memulai, pastikan Anda membuat surat lamaran kerja dengan cara diketik agar terlihat rapi dan profesional
  2. Layaknya surat resmi pada umumnya, tulis kota serta tanggal, bulan dan tahun pembuatan di sudut kanan atas
  3. Di sisi kiri baris selanjutnya, sebutkan kepada siapa surat tersebut Anda tujukan. Bisa Manager HRD, atau Manager divisi yang Anda lamar. Caranya, awali dengan “Kepada Yth,” lalu tulis di masing-masing baris terpisah nama lengkap orang yang dituju (jika diketahui), job title atau posisinya di perusahaan tersebut, nama perusahaan, serta alamat perusahaan.
  4. Selalu ucapkan salam pembuka sebelum memasuki isi surat, misalnya “Dengan hormat,
  5. Di paragraf pertama, sampaikan ketertarikan Anda untuk melamar di perusahaan yang bersangkutan dan sertakan pula posisi yang Anda lamar. Jelaskan secara singkat alasan mengapa Anda tertarik bekerja di perusahaan tersebut, serta untuk posisi tersebut.
  6. Paragraf kedua berisi penjelasan latar belakang serta pengalaman organisasi atau pengalaman kerja Anda. Tunjukkan bagaimana latar belakang serta prestasi-prestasi Anda terdahulu dapat menunjang performa Anda di perusahaan tersebut.
  7. Paragraf ketiga merupakan kesempatan Anda untuk memamerkan keahlian-keahlian yang bisa diunggulkan. Tentunya utamakan yang paling relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Kemahiran Anda dalam berbahasa asing juga bisa disebutkan di sini.
  8. Di paragraf keempat, tunjukkan kesediaan Anda untuk membicarakan lebih lanjut potensi Anda di perusahaan tersebut melalui proses interview atau wawancara kerja
  9. Selalu akhiri surat lamaran kerja dengan salam penutup, seperti “Hormat saya,” kemudian diikuti dengan nama lengkap Anda

Surat lamaran kerja merupakan ajang promosi diri Anda kepada perusahaan. Untuk itu, manfaatkanlah selembar surat yang hanya berisi kurang lebih empat paragraf ini untuk memikat perusahaan idaman Anda. Semoga berhasil!

Comments

comments