Cara Bijak Menghadapi Rekan Kerja yang Menyebalkan

menghadapi rekan kerja yang menyebalkanBekerja di sebuah perusahaan, Anda tentu dipertemukan dengan beragam karakter individu. Siapa saja pasti berharap memiliki rekan kerja yang mampu bersikap kooperatif. Sayangnya, terkadang ada saja rekan kerja yang membuat jengkel bahkan sampai mengganggu pekerjaan Anda. Satu-satunya langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah menghadapinya secara bijak.

  • Jangan segan menegur

Perbuatan rekan kerja yang menyebalkan memang bermacam-macam, mulai dari hal kecil seperti memutar musik terlalu keras sehingga mengganggu konsentrasi rekan kerjanya, hingga yang agak kelewatan seperti mencuri ide. Jika Anda mengalaminya dan benar-benar merasa terganggu, jangan segan untuk menegur tanpa terkesan mengguruinya.

  • Tetap tenang

Jika tindakan rekan kerja Anda mulai kelewatan, tak usah memperkeruh suasana dengan melakukan hal yang sama untuk melawannya. Jika terbawa emosi, ini dapat menjadi bumerang yang justru merugikan dan membuat rekan kerja Anda semakin puas. Tetaplah bersikap tenang sambil mengumpulkan bukti jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

  • Balas dengan senyuman

Jangan tunjukkan rasa takut pada rekan kerja Anda. Sebaliknya, hadapilah dengan cerdas, seperti menyapanya saat tiba di kantor atau melemparkan senyuman saat ia sedang membicarakan Anda dengan rekan kerja lain. Jika hal ini selalu Anda lakukan, lama-kelamaan ia akan bosan dan berhenti dengan sendirinya.

  • Cari bantuan

Jika perbuatan menyebalkan rekan kerja sudah melampaui batas hingga mengancam karier Anda, maka saatnya melibatkan pihak ketiga, yakni HRD. Sekilas mungkin ini akan membuat Anda terlihat seperti seorang pengadu, tapi Anda tidak pernah tahu jika ternyata tindakan ini bisa menolong karyawan lain yang juga menjadi bulan-bulanan.

Satu rekan kerja yang menyebalkan saja sudah cukup menyulitkan, apalagi jika dikelilingi sekelompok orang yang serupa. Lingkungan kerja yang tidak sehat seperti ini harus dihindari kalau tidak ingin karier Anda jadi korbannya. Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, selalu telusuri lebih dulu informasi seluk beluk perusahaan yang Anda tuju di Jobplanet. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan gambaran lingkungan kerja calon perusahaan Anda.

Comments

comments