Cara Bijak Hadapi Teman Pengganggu di Tempat Kerja

Cara Bijak Hadapi Teman Pengganggu di Tempat Kerja

 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Distraksi alias gangguan di sela-sela jam kerja adalah salah satu kendala terbesar yang dihadapi pekerja kantoran. Keinginan untuk memeriksa telepon genggam atau streaming film kadang kala sulit dikendalikan. Namun, yang lebih sulit lagi justru menghindari gangguan dari rekan kerja.

Punya teman yang periang memang bisa menghidupkan suasana kantor. Saat sedang sibuk mengejar deadline, misalnya, ia bisa datang menjadi penghibur dengan cerita-cerita atau leluconnya. Tapi jika ia tidak bisa membaca situasi, kebiasaan ini malah membuat jengkel orang-orang di sekitarnya.

Daripada konsentrasi terpecah dan pekerjaan jadi terbengkalai karenanya, segera sikapi perbuatan teman Anda secara bijak. Berikut ini empat cara terbaik versi Jobplanet:

1. Cari tempat aman

Ketika Si Pengganggu nampak mulai menghampiri satu per satu rekannya yang sedang bekerja, ada baiknya Anda lekas mencari ‘tempat berlindung’. Jika aturan di perusahaan memungkinkan, Anda bisa mengungsi ke ruang meeting, ruang conference, perpustakaan, atau area lain yang aman darinya. Dengan melihat Anda menyingkir dari ruang kerja utama, harusnya ia mengerti bahwa Anda sedang tidak bisa diganggu.

2. Tanggapi seadanya

Apabila teman Anda masih gigih mengajak bicara dan Anda tak ingin dianggap sombong karena mengacuhkannya, maka tanggapi saja seadanya. Terlebih lagi kalau pembicaraan tersebut sudah mengarah pada gosip, Anda harus lebih berhati-hati menanggapinya. Menyahuti ucapannya dengan singkat dan tegas sembari memperlihatkan kesibukan Anda di depan komputer harusnya cukup untuk membuat ia sadar.

3. Beri tahu

Cara halus Anda masih tidak ampuh juga? Kalau begitu, saatnya Anda mengambil sikap yang lebih tegas dan beri tahu dia secara jujur. Ketahuilah bahwa terkadang seseorang tidak sadar bahwa apa yang ia lakukan menjengkelkan orang lain. Jadi, mau tak mau redam dulu perasaan segan Anda, karena tanpa Anda ingatkan ia akan meneruskan perbuatannya.

4. Cari solusi bersama

Coba perhatikan, pasti bukan Anda saja korban dari teman pengganggu di kantor. Jika memang hal ini juga dirasakan oleh rekan kerja lainnya, ada baiknya Anda berdiskusi dengan mereka—bukan untuk bergosip, melainkan untuk mencari solusi bersama. Kalau Anda belum cukup berani untuk berterus terang kepada Si Pengganggu, siapa tahu rekan kerja Anda bisa mengambil alih tugas itu?

Semoga tips ini bermanfaat!

Comments

comments