Beragam Sumber Informasi Lowongan Kerja yang Menjadi Referensi Para Pencari Kerja di Indonesia

lowongan kerja

Berdasarkan survei Jobplanet, kebanyakan pencari kerja di Indonesia mengandalkan informasi langsung dari karyawan perusahaan dan iklan sebagai sumber referensi lowongan kerja mereka. Untuk melengkapi layanannya dan memenuhi kebutuhan para pencari kerja dan perusahaan, Jobplanet kini juga menghadirkan fitur Lowongan Kerja.

Jakarta, 9 Juni 2016 Jobplanet (Jobplanet.com), platform komunitas online untuk berbagi informasi seputar dunia kerja dan perusahaan, melakukan survei mengenai sumber informasi lowongan kerja yang menjadi referensi para pencari kerja di Indonesia. Survei tersebut dilakukan melalui situs Jobplanet.com sejak bulan Januari hingga Mei 2016 dan melibatkan 31.500 orang responden yang juga merupakan pengguna Jobplanet.

Berdasarkan survei tersebut, Jobplanet menemukan bahwa kebanyakan pencari kerja di Indonesia mengandalkan informasi langsung dari karyawan perusahaan sebagai sumber referensi lowongan kerja mereka, yakni sebanyak 30,33%. Selain itu, para pencari kerja juga memanfaatkan iklan lowongan kerja (24,94%), situs web perusahaan (13,06%), pusat pengembangan karier di kampus atau universitas (10,55%), serta informasi dari headhunter (2,50%) sebagai referensi mereka.

Sementara itu, sebanyak 18,62% responden sisanya mengaku mendapatkan informasi lowongan kerja dari berbagai sumber lain, termasuk beasiswa dengan ikatan kerja dan jaringan pertemanan mereka.

“Berdasarkan survei Jobplanet, kebanyakan pencari kerja mengandalkan referensi langsung dari karyawan perusahaan sebagai sumber informasi lowongan kerja mereka. Sementara, hanya 2,50% responden yang mendapatkan informasi lowongan kerja dari headhunter. Hal itu dapat dimaklumi, karena target headhunter pada umumnya adalah para profesional yang memiliki pengalaman dan kompetensi khusus untuk menempati posisi manajerial atau posisi yang lebih tinggi di perusahaan,” ungkap Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia.

Beragam informasi yang dapat ditemukan oleh pencari kerja di Jobplanet

Melihat adanya kebutuhan dari para pencari kerja untuk mendapatkan informasi lengkap tentang dunia kerja dan perusahaan, serta adanya kebutuhan perusahaan untuk menemukan sumber daya yang berkualitas, maka Jobplanet pun melengkapi layanannya dengan fitur Lowongan Kerja.

“Dengan adanya fitur Lowongan Kerja, kami berharap Jobplanet.com dapat menjadi one stop career portal bagi para pencari kerja, di mana mereka dapat menemukan kesempatan kerja sekaligus mendapatkan informasi berharga mengenai perusahaan dan dunia kerja,” ungkap Kemas. “Sebaliknya, HRD perusahaan juga dapat memanfaatkan fitur ini untuk menemukan kandidat terbaik serta serius dan benar-benar tertarik untuk bekerja di perusahaan mereka.”

Sebelumnya, Jobplanet telah menampilkan informasi seputar perusahaan, yang meliputi review tentang perusahaan, informasi gaji, dan kisi-kisi pertanyaan wawancara. Semua informasi tersebut berasal langsung dari para karyawan dan mantan karyawan perusahaan, dan telah melalui tahap evaluasi dan pengecekan terlebih dahulu sebelum ditampilkan di Jobplanet.com. Dengan adanya fitur-fitur tersebut, Jobplanet ingin membantu para pencari kerja menemukan pekerjaan dan perusahaan idaman mereka, serta mengembangkan karier mereka. Di sisi lain, Jobplanet juga berharap dapat membantu perusahaan dalam mengukur kualitas dan tingkat kepuasan karyawan mereka.

– SELESAI –

Tentang Jobplanet

Jobplanet merupakan platform komunitas online untuk berbagi informasi seputar dunia kerja dan perusahaan. Jobplanet menyajikan beragam informasi tentang dunia kerja dari segala sisi, seperti review perusahaan, informasi gaji, serta kisi-kisi pertanyaan dalam wawancara kerja. Jobplanet mulai beroperasi di Indonesia sejak Agustus 2015. Hingga akhir Mei 2016, Jobplanet telah memiliki lebih dari 480.000 anggota dan telah mengumpulkan lebih dari 235.000 konten dalam database-nya. Selain itu, sekitar 39.500 perusahaan telah terdaftar dalam database Jobplanet.

Comments

comments