Baidu Indonesia & Jobplanet Go to Campus: Binus University, Alam Sutera

Ada yang berbeda dari acara Goes to Campus yang dilakukan Jobplanet kali ini. Dalam kegiatan yang diadakan pada Jumat, 10 Juni 2016 lalu, Jobplanet bekerja sama dengan Baidu Indonesia berkunjung ke Kampus Binus University di Alam Sutera, Tangerang.

Di sana, Jobplanet mendapat kehormatan untuk menjadi pembicara mendampingi Baidu Indonesia, dalam seminar bertajuk “The Role of Marketeers in Digital Industry”. Kegiatan ini bertujuan untuk memperluas wawasan para mahasiswa tentang digital marketing.

 

Baidu Indonesia & Jobplanet Go to Campus: Binus University, Alam Sutera

 

Acara diawali dengan pengenalan produk-produk Baidu serta program Campus Ambassador-nya kepada mahasiswa Binus. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang kegiatan marketing di era digital oleh Iwan Setiawan, Head of Marketing Baidu Indonesia.

Menurut Iwan, saat ini ada cara baru dalam memasarkan produk atau jasa, yakni dengan mengintegrasikan kegiatan offline dan online. Kegiatan marketing secara online dengan memanfaatkan kemajuan teknologi ini antara lain meliputi, social media marketing, search engine optimization (SEO), e-mail marketing, dan content marketing. Iwan juga mendorong para Binusian (sebutan untuk mahasiswa Binus) untuk berani mengambil kesempatan bekerja di industri digital.

 

Baidu Indonesia & Jobplanet Go to Campus: Binus University, Alam Sutera

 

Setelah membuka mata para mahasiswa akan kebutuhan dalam industri digital, selanjutnya giliran Jobplanet Indonesia, yang diwakili oleh Kemas Antonius, selaku Chief Product Officer dan Country Manager, menyampaikan kiat-kiat bagi mahasiswa untuk mendapatkan pekerjaan pertama mereka.

Menurut Kemas, ada beberapa tahap yang harus dilalui oleh para pencari kerja, khususnya fresh graduate—mulai dari mencari lowongan kerja, membuat dan memoles CV, berlatih menghadapi psikotes, mempersiapkan interview, serta melakukan negosiasi gaji.

Kemas juga memaparkan perbedaan dalam mencari kerja dahulu dan sekarang. Menurutnya, di zaman modern ini, cara terbaik mencari lowongan kerja bukan lagi melalui surat kabar atau bursa kerja alias job fair, melainkan secara online. Dengan memanfaatkan berbagai pilihan situs lowongan kerja, salah satunya Jobplanet, pencari kerja dapat menghemat waktu, tenaga, dan biaya.

Satu hal yang tak kalah penting, Kemas juga membekali para Binusian dengan tips menghadapi rekrutmen pertama setelah mereka lulus. Sebelum menjalani interview misalnya, mereka bisa mengunjungi Jobplanet untuk mendapatkan kisi-kisi pertanyaan interview perusahaan idaman mereka. Begitu juga untuk tahap negosiasi gaji. Dengan melihat bocoran gaji di Jobplanet, mereka tak perlu khawatir akan salah menaksir besaran gaji yang sesuai untuk posisi entry-level atau staf di perusahaan tersebut.

Baidu Indonesia & Jobplanet Go to Campus: Binus University, Alam Sutera

Acara seminar dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Baidu Indonesia & Jobplanet Go to Campus: Binus University, Alam Sutera

Di akhir acara, para peserta diundi untuk mendapatkan door prize dari Baidu Indonesia dan Jobplanet.

Baidu Indonesia & Jobplanet Go to Campus: Binus University, Alam Sutera

Pak Kemas menerima plakat sebagai bentuk penghargaan Binus University atas partisipasi Jobplanet di acara tersebut.

Bagaimana? Kamu jadi tertarik untuk berkarier di industri digital? Sebelum memutuskan industri mana yang akan kamu tuju, kamu bisa mencari tahu lebih dulu seperti apa pengalaman bekerja di industri tersebut. Misalnya, bagaimana jenjang karier di perusahaan startup digital, berapa gaji yang ditawarkan di sana, serta apa saja pertanyaan interview untuk pelamar yang ingin mengisi posisi sebagai staf social media?

Semua informasi tersebut tentu saja bisa kamu temukan di Jobplanet. Happy searching!

Comments

comments