Bagaimana Tips Meminta Izin untuk Interview?

Anda sedang menghadapi masalah pekerjaan dan punya pertanyaan seputar karier dan dunia kerja? Kirimkan pertanyaan Anda melalui email [email protected] dan dapatkan solusinya dari ahli dan praktisi HR berpengalaman di Jobplanet. Mari raih karier yang lebih baik bersama Jobplanet!


Pertanyaan:

Saya mau bertanya, bagaimana cara menyiasati proses pencarian kerja di saat kita sendiri sedang menjalankan pekerjaan di suatu perusahaan? Bagaimana cara izinnya kepada atasan? Haruskah bercerita meski tidak ditanya bahwa kita sedang proses seleksi di calon tempat kerja baru? Haruskah mengaku jika ditanya kalau kita hendak interview di tempat lain?

Situasinya adalah tempat kerja dan mess saya jadi satu di daerah pegunungan, sementara tes seleksi di daerah perkotaan, serta saya baru saja menjalankan pekerjaan di tempat sekarang sekitar 5 bulan.

 

Jawaban:

Dari pengalaman dan cerita para kandidat yang pernah saya temui, lebih dari separuh di antara mereka mengaku tidak mengatakan alasan yang sejujurnya untuk mendapatkan izin cuti, atau izin tidak masuk kantor ketika sedang melalui proses wawancara di perusahaan lain. Hal ini dikarenakan sebagian besar perusahaan memang tidak mengharapkan karyawannya untuk berpikir pindah kerja ke perusahaan lain. Apa lagi kalau karyawan tersebut dinilai berprestasi.

Situasi Anda cukup sulit karena area kerja dan mess yang ada di daerah pegunungan dan jauh dari lokasi recruitment. Untuk itu, pertama-tama Anda perlu mencari tahu dulu ada berapa tahap seleksi yang harus Anda lalui sebelum akhirnya diterima bekerja di perusahaan tersebut. Mengingat Anda baru lima bulan bekerja di perusahaan sekarang, ada kemungkinan Anda juga belum berhak memperoleh jatah cuti tahunan.

Kalaupun Anda meminta izin kepada atasan dengan tidak memberikan alasan sesungguhnya kenapa Anda harus turun ke kawasan perkotaan, berapa kali Anda harus meminta izin setiap hendak menempuh tahap seleksi selanjutnya? Tentunya atasan akan curiga kalau Anda terlalu sering meminta izin dalam periode kerja yang masih terbilang singkat ini.

Sementara, apabila berterus terang kepada atasan, tentu ada konsekuensi yang harus Anda terima. Pertanyaannya, seberapa siap Anda menghadapi konsekuensi tersebut?

Sebagai orang yang mengalami dan memahami situasi di perusahaan tempat Anda bekerja, cobalah menganalisa langkah apa yang sebaiknya Anda lakukan berdasarkan tiga pertanyaan ini:

  1. Apakah Anda akan meminta izin kepada atasan untuk meninggalkan kantor tanpa memberikan alasan yang sesungguhnya?
  2. Apakah Anda akan meminta izin kepada atasan dengan memberikan alasan yang sesungguhnya, namun juga siap menerima konsekuensi?
  3. Ataukah Anda berani memutuskan untuk berhenti bekerja di perusahaan sekarang karena tidak ingin merugikan siapapun, tapi juga meyakini bahwa Anda sanggup melewati seluruh tahapan seleksi di perusahaan yang diidamkan?

Analisa situasinya, buatlah beberapa alternatif keputusan, pertimbangkan kembali dengan matang, lalu ambil keputusan dengan yakin. Setelah itu, konsistenlah pada keputusan yang telah Anda buat. Hal tersebut akan membantu Anda untuk lebih bijak dalam menentukan perjalanan karier Anda.


Tentang Haryo Utomo Suryosumarto

Founder & Managing Director PT Headhunter Indonesia, perusahaan executive search yang mulai berdiri sejak Mei 2009. Lulusan S-1 di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada dan S-2 di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini menggabungkan pengetahuan praktis dan pengalaman profesionalnya di dunia HR selama lebih dari 16 tahun terakhir, untuk memberikan pencerahan berupa tips pengembangan karier melalui berbagai artikel serta workshop/seminar di kampus ataupun lingkungan korporasi.

Comments

comments