Bagaimana Menjawab Pertanyaan Jebakan dalam Wawancara Kerja?

Anda sedang menghadapi masalah pekerjaan dan punya pertanyaan seputar karier dan dunia kerja? Kirimkan pertanyaan Anda melalui email [email protected] dan dapatkan solusinya dari ahli dan praktisi HR berpengalaman di Jobplanet. Mari raih karier yang lebih baik bersama Jobplanet!


 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Pertanyaan:

Dear Jobplanet,

Apabila saat wawancara ada pertanyaan:

  1. “Sebelum ini sudah melamar ke perusahaan mana saja?”
  2. “Apa alasannya Anda ditolak oleh perusahaan lain?”
  3. “Apa kelemahan Anda dalam bekerja?”

Apa jawaban yang sebaiknya saya berikan?

Mohon bantuannya, karena saya sudah ditolak oleh lima perusahaan. Saya biasanya lulus saat tes awal, tapi selalu gagal setelah wawancara dengan user atau HRD pusat.

Terima kasih banyak dan saya tunggu responsnya.

Jawaban:

Sebagaimana sering saya sampaikan dalam berbagai kesempatan, wawancara sebetulnya adalah sarana melakukan eksplorasi untuk menemukan kecocokan antara perusahaan dengan seorang kandidat, dan demikian juga sebaliknya.

Jadi, eksplorasi ini sesungguhnya bersifat dua arah. Pihak perusahaan ingin mengetahui apakah kandidat tersebut merupakan calon pegawai yang paling tepat untuk dipekerjakan, sementara kandidat seyogianya juga berusaha mencari tahu apakah perusahaan tersebut merupakan tempat di mana dirinya bisa berkontribusi secara optimal.

Oleh karena itu, jawablah semua pertanyaan wawancara sesuai dengan fakta yang ada—termasuk Anda sudah melamar ke perusahaan mana saja, untuk posisi apa, dan sejauh pengetahuan Anda, sudah sampai di mana tahap rekrutmen Anda di setiap perusahaan tersebut.

Kalau ditanya alasan Anda ditolak oleh perusahaan lain, jawablah dengan diplomatis, “Saya kurang tahu pasti alasan mengapa saya ditolak, karena memang saya tidak pernah diberitahukan alasannya. Akan tetapi, sepengetahuan saya memang tidak ada kewajiban bagi pihak HR untuk memberikan alasan penolakan kepada kandidat yang belum berhasil melalui tahapan rekrutmen di perusahaan tersebut.”

Mengenai jawaban yang paling tepat untuk diberikan atas pertanyaan mengenai kelemahan diri kita, silakan baca kembali kolom Ask the Expert tanggal 10 Juni 2017.

Latih terus kemampuan komunikasi Anda, karena kesuksesan wawancara sedikit banyak juga ditentukan oleh kemampuan komunikasi yang mumpuni, di mana Anda dapat menjawab berbagai pertanyaan wawancara dalam berbagai skenario. Bukan hanya kemampuan menjawab secara diplomatis yang diperlukan, tapi juga kemampuan menjawab dengan akurat dan dilandasi logika berpikir yang runut, yang disertai dengan perilaku sopan dan tata bahasa yang memikat.


Tentang Haryo Utomo Suryosumarto

Founder & Managing Director PT Headhunter Indonesia, perusahaan executive search yang mulai berdiri sejak Mei 2009. Lulusan S-1 di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada dan S-2 di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini menggabungkan pengetahuan praktis dan pengalaman profesionalnya di dunia HR selama lebih dari 16 tahun terakhir, untuk memberikan pencerahan berupa tips pengembangan karier melalui berbagai artikel serta workshop/seminar di kampus ataupun lingkungan korporasi.

Comments

comments