Bagaimana Jika Pelamar Hanya Punya Prestasi di Bidang yang Tak Berkaitan?

Anda sedang menghadapi masalah pekerjaan dan punya pertanyaan seputar karier dan dunia kerja? Kirimkan pertanyaan Anda melalui email [email protected] dan dapatkan solusinya dari ahli dan praktisi HR berpengalaman di Jobplanet. Mari raih karier yang lebih baik bersama Jobplanet!


 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Pertanyaan:

Hai Jobplanet, saya mau minta saran.

Saya fresh graduate yang sama sekali belum punya pengalaman kerja. Waktu kuliah saya cuma menjalani KKN (kuliah kerja nyata), tanpa kerja magang di perusahaan yang pada dasarnya memang tidak wajib.

Di kampus, sendiri saya bukan tergolong mahasiswa yang aktif berorganisasi. Ketertarikan saya lebih ke bidang musik, itu pun di luar kampus.

Pertanyaan saya, apa prestasi saya di bidang tersebut perlu dimasukkan ke CV? Apakah perusahaan akan mempertimbangkan pengalaman dan prestasi yang tidak ada kaitannya dengan bidang yang dilamar?

 

Jawaban:

Apakah perusahaan akan mempertimbangkan pengalaman dan prestasi yang tidak ada kaitannya dengan bidang yang dilamar? Jawabannya bisa ya dan bisa tidak, tergantung Anda punya prestasi di bidang apa.

Saya sebelum ini sudah sering melihat atlet-atlet dari berbagai cabang olahraga, seperti sepakbola, voli, dan basket yang mendapatkan kesempatan untuk bergabung di perusahaan-perusahaan ternama dengan modal prestasi mereka di bidang tersebut.

Rupanya hal ini dapat terwujud karena perusahaan-perusahaan tersebut juga aktif berpartisipasi dalam berbagai turnamen olahraga antarperusahaan yang sering diselenggarakan, khususnya di wilayah Jakarta dan sekitarnya, dan mereka memerlukan kontribusi dari para atlet dengan latar belakang pendidikan minimal Diploma untuk memperkuat tim mereka yang notabene hanya dapat diisi oleh para pegawai tetap di perusahaan yang bersangkutan.

Bila Anda sebelumnya punya prestasi di bidang yang mungkin sama sekali tidak ada relevansinya dengan pekerjaan yang dilamar, saran saya cobalah untuk lebih dulu mencari kesempatan magang di bidang yang ingin Anda tekuni ke depannya.

Magang merupakan kesempatan Anda untuk belajar secara langsung sebagai langkah awal untuk dapat menjadi spesialis yang piawai di bidang tersebut. Jadi, jangan dulu terlalu memprioritaskan keinginan untuk memperoleh imbalan uang yang besar.

Jika Anda sudah mendapatkan kesempatan magang, berapa lama pun periodenya, jangan pernah disia-siakan! Ini merupakan peluang untuk membuktikan bahwa Anda punya attitude yang positif, mau belajar untuk menjadi lebih baik lagi, dan bersedia memberikan kontribusi bagi perusahaan, sehingga peluang untuk dipekerjakan sebagai pegawai tetap di perusahaan itu atau perusahaan-perusahaan lainnya pun menjadi lebih terbuka di masa yang akan datang.


Tentang Haryo Utomo Suryosumarto

Founder & Managing Director PT Headhunter Indonesia, perusahaan executive search yang mulai berdiri sejak Mei 2009. Lulusan S-1 di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada dan S-2 di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini menggabungkan pengetahuan praktis dan pengalaman profesionalnya di dunia HR selama lebih dari 16 tahun terakhir, untuk memberikan pencerahan berupa tips pengembangan karier melalui berbagai artikel serta workshop/seminar di kampus ataupun lingkungan korporasi.

Comments

comments