Bagaimana Cara yang Baik untuk Menanyakan Hasil Interview Kerja?

Anda sedang menghadapi masalah pekerjaan dan punya pertanyaan seputar karier dan dunia kerja? Kirimkan pertanyaan Anda melalui email [email protected] dan dapatkan solusinya dari ahli dan praktisi HR berpengalaman di Jobplanet. Mari raih karier yang lebih baik bersama Jobplanet!


 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Pertanyaan:

Halo Jobplanet, saya punya pertanyaan. Beberapa waktu lalu saya menjalani interview di beberapa perusahaan, tapi sejauh ini baru ada satu perusahaan yang mengirimkan offer letter. Yang jadi masalah, saya lebih tertarik dengan salah satu perusahaan lainnya, yang sampai sekarang belum memberi kabar.

Menurut Jobplanet, apakah pantas jika saya menghubungi perusahaan tersebut lewat email untuk menanyakan keputusan mereka? Jika ya, bagaimana sebaiknya saya menyampaikan hal tersebut melalui email kepada mereka, tanpa terkesan terburu-buru dan membuat mereka tak nyaman?

Mohon pencerahannya. Terima kasih.

Jawaban:

Tidak ada salahnya bila Anda ingin menghubungi perusahaan yang pernah mengundang Anda untuk interview, dan menanyakan hasil interview atau kelanjutan proses Anda di perusahaan tersebut. Namun, perlu diingat bahwa Anda memang tidak bisa mengharapkan untuk mendapatkan jawabannya dalam waktu singkat, apalagi memang tidak ada kewajiban bagi pihak perusahaan untuk menginformasikan hasil interview, khususnya bagi kandidat yang belum berhasil untuk menuju ke tahap perekrutan selanjutnya.

Meski begitu, tidak ada salahnya jika Anda mengirimkan email kepada interviewer atau pihak HRD perusahaan untuk menanyakan hasil interview Anda. Berikut contoh email yang bisa Anda tuliskan:

Selamat siang, Bapak/Ibu … (isi dengan nama interviewer atau HRD yang menghubungi Anda)

Nama saya Haryo, salah satu kandidat yang diundang untuk mengikuti interview di PT XYZ pada tanggal 15 Mei 2017 yang lalu, untuk posisi Tax & Accounting Officer. Saya ingin mengucapkan terima kasih karena Bapak/Ibu telah meluangkan waktu untuk mewawancarai saya, dan menjelaskan secara terperinci mengenai hal-hal yang perlu saya ketahui terkait dengan posisi tersebut.

Apabila tidak keberatan, apakah Bapak/Ibu berkenan memberikan informasi terkait dengan proses aplikasi saya di PT XYZ? Seandainya saya memang dinilai layak untuk diproses ke tahapan selanjutnya, hal apa saja yang harus saya persiapkan?

Sebaliknya bila saya dinilai belum layak untuk diproses lebih lanjut, tentunya saya akan sangat terbuka bila Bapak/Ibu bersedia memberikan saran ataupun masukan yang berharga bagi perbaikan diri saya di masa yang akan datang.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Salam,

Haryo

Meski relatif singkat, tapi email di atas menunjukkan kalau Anda sangat memperhatikan etika dalam mengirimkan email secara profesional. Menurut saya pribadi, keterampilan berkomunikasi melalui email merupakan salah satu hal yang dapat membedakan Anda dengan para kandidat lainnya yang mungkin mengirimkan email dengan tujuan yang sama, tapi dengan penyampaian yang kurang tepat atau kurang profesional.

Semoga saran sederhana ini dapat membantu Anda.


Tentang Haryo Utomo Suryosumarto

Founder & Managing Director PT Headhunter Indonesia, perusahaan executive search yang mulai berdiri sejak Mei 2009. Lulusan S-1 di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada dan S-2 di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini menggabungkan pengetahuan praktis dan pengalaman profesionalnya di dunia HR selama lebih dari 16 tahun terakhir, untuk memberikan pencerahan berupa tips pengembangan karier melalui berbagai artikel serta workshop/seminar di kampus ataupun lingkungan korporasi.

Comments

comments