Bagaimana Cara Menulis CV Jika Pengalaman Kerja Tidak Berkaitan?

Anda sedang menghadapi masalah pekerjaan dan punya pertanyaan seputar karier dan dunia kerja? Kirimkan pertanyaan Anda melalui email tanya@jobplanet.com dan dapatkan solusinya dari ahli dan praktisi HR berpengalaman di Jobplanet. Anda juga bisa mendiskusikannya dengan rekan-rekan seprofesi di Forum Jobplanet.


Pertanyaan:

Saya mau tanya, sekarang saya bekerja di agensi digital khususnya di bidang social media ads. Namun, saya ingin kembali bekerja sesuai dengan jurusan saya atau yang masih related, yaitu di bidang management, ekonomi.

Apakah mencantumkan pengalaman kerja di bidang social media ads sebuah kesalahan jika saya mencoba melamar bidang General Affair atau semacamnya?

Sebaiknya bagaimana cara menulis pengalaman kerja di CV saya yang baru? Apakah sebaiknya saya tetap cantumkan pengalaman di agensi tersebut, atau saya hapus, atau penamaannya saja yang diganti?

Mohon informasi dan solusinya. Terima kasih.

 

https://goo.gl/49fjGs

 

Jawaban:

Sayang Anda tidak menyebutkan berapa lama Anda bekerja di agensi tersebut. Pada prinsipnya, informasi yang dicantumkan dalam CV tentunya harus berdasarkan fakta yang ada. Dalam beberapa kasus tertentu, memang diperbolehkan untuk tidak mencantumkan pengalaman kerja di satu perusahaan apabila periodenya terlalu singkat. Misalnya, kurang dari tiga bulan.

Akan tetapi, kalau Anda ingin beralih karier atau profesi, dan pengalaman kerja sebelumnya tidak terlalu relevan dengan profesi tersebut, saran saya sebaiknya pengalaman kerja sebelumnya tetap dicantumkan. Meski begitu, Anda tidak perlu terlalu detail dalam menjabarkan deskripsi kerja serta tanggung jawab Anda. Cukup cantumkan secara singkat atau maksimum sebanyak tiga baris.

Tantangan bila ingin beralih karier atau profesi dengan latar belakang pengalaman kerja yang tidak terlalu relevan sebetulnya bukan semata dalam menulis CV, tapi juga bagaimana meyakinkan pihak perusahaan untuk berani mengambil risiko dengan mempekerjakan Anda. Hanya saja yang masih bisa menjadi pertimbangan mereka adalah, bahwa meskipun Anda tidak memiliki pengalaman kerja yang relevan, tapi latar belakang pendidikan Anda mungkin sesuai untuk posisi tersebut.

Pastikan bahwa Anda siap secara mental untuk menerima penurunan remunerasi, jabatan, dan siap juga untuk belajar serta bekerja keras demi membuktikan bahwa perusahaan tidak salah untuk mempekerjakan Anda, meski sebelumnya Anda tidak memiliki pengalaman kerja yang relevan.


Tentang Haryo Utomo Suryosumarto

Founder & Managing Director PT Headhunter Indonesia, perusahaan executive search yang mulai berdiri sejak Mei 2009. Lulusan S-1 di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada dan S-2 di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini menggabungkan pengetahuan praktis dan pengalaman profesionalnya di dunia HR selama lebih dari 16 tahun terakhir, untuk memberikan pencerahan berupa tips pengembangan karier melalui berbagai artikel serta workshop/seminar di kampus ataupun lingkungan korporasi.

 

Comments

comments