Bagaimana Cara Menjawab Pertanyaan Tentang Gaji yang Diharapkan?

Anda sedang menghadapi masalah pekerjaan dan punya pertanyaan seputar karier dan dunia kerja? Kirimkan pertanyaan Anda melalui email [email protected] dan dapatkan solusinya dari ahli dan praktisi HR berpengalaman di Jobplanet. Mari raih karier yang lebih baik bersama Jobplanet!


Pertanyaan: 

Dalam wawancara kerja, biasanya recruiter menanyakan soal berapa gaji yang kita harapkan. Pertanyaan ini agak tricky. Kalau saya sebagai calon karyawan tidak menjawab, kesannya saya tidak tahu berapa value yang saya miliki. Tapi kalau menjawab dengan nilai tertentu, bisa jadi nilai yang disampaikan tidak sesuai dengan job description yang nantinya akan saya pegang di perusahaan. Sebenarnya, apa sih jawaban terbaik untuk pertanyaan seperti ini?

 

Jawaban:

Pastikan terlebih dulu bahwa pewawancara sudah mengetahui berapa paket kompensasi yang Anda terima di perusahaan tempat kerja Anda sekarang. Jika sudah, maka jawablah dengan diplomatis, “Saya tentunya mengharapkan ada kenaikan dari paket kompensasi yang saya terima sekarang, tapi saya belum bisa menyebutkan angkanya karena saya yakin perusahaan sudah memiliki salary grade untuk posisi ini. Jadi, saya sangat terbuka untuk mendapatkan penawaran dari perusahaan dan kita bisa melakukan negosiasi di tahap selanjutnya.”

Sementara, apabila pewawancara belum mengetahui paket kompensasi Anda sekarang, jawablah dengan jawaban di atas, tapi didahului dengan penjelasan secara detail mengenai paket kompensasi yang Anda terima sekarang.

Pada prinsipnya, sebagai kandidat Anda tidak berkewajiban untuk menyebut angka tertentu yang Anda ekspektasikan. Berilah keleluasaan bagi perusahaan untuk merumuskan berapa angka terbaik yang akan ditawarkan kepada Anda, berdasarkan paket kompensasi yang Anda terima sekarang.

Kalaupun Anda mendapatkan penawaran di bawah ekspektasi, toh Anda sudah menyebutkan bahwa Anda terbuka untuk melakukan negosiasi, bukan?

Pastikan saja bahwa angka yang Anda ajukan masuk akal, yaitu berkisar antara 10%-30% dari total gaji Anda setahun. Kalaupun Anda memiliki ekspektasi gaji dengan kenaikan lebih dari 30%, Anda harus siap dengan alasan mengapa Anda layak dihargai semahal itu.

Ingat, semakin tinggi angka ekspektasi Anda, maka semakin tinggi pula ekspektasi perusahaan kepada Anda, yang artinya Anda harus memberikan bukti nyata bahwa Anda memang layak dibayar lebih mahal dari kandidat lainnya.


Tentang Haryo Utomo Suryosumarto

Founder & Managing Director PT Headhunter Indonesia, perusahaan executive search yang mulai berdiri sejak Mei 2009. Lulusan S-1 di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada dan S-2 di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini menggabungkan pengetahuan praktis dan pengalaman profesionalnya di dunia HR selama lebih dari 16 tahun terakhir, untuk memberikan pencerahan berupa tips pengembangan karier melalui berbagai artikel serta workshop/seminar di kampus ataupun lingkungan korporasi.

Comments

comments