Apa yang Harus Dilakukan Ketika Bawahan Tak Menyukai Anda?

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Bawahan Tak Menyukai Anda

Apakah Anda merasa rekan kerja atau bawahan tak menyukai Anda? Kadang kala ada saja orang-orang yang selalu menebarkan aura negatif di sekitar kita karena mereka memang memiliki karakter bawaan yang penuh kebencian. Tipe orang seperti itu tentunya tak perlu terlalu dihiraukan, karena hanya akan membuang waktu Anda saja. Akan tetapi, ketika ada lebih dari satu kolega yang memperlihatkan rasa tidak sukanya pada Anda, maka saat itulah Anda perlu khawatir.

Mulanya Anda mungkin masih bisa masa bodoh. Tapi saat suasana kantor mulai tidak kondusif, tidakkah Anda merasa ikut bertanggung jawab? Anda pun tentu bertanya-tanya, apa yang harus dilakukan jika sebagai seorang atasan, Anda tidak disukai oleh para bawahan? Nah, berikut empat langkah yang bisa Anda lakukan:

1. Tanyakan diri sendiri

Sebelum gencar melakukan konfrontasi, anggaplah situasi ini sebuah teka-teki yang terlebih dahulu harus Anda pecahkan sendiri. Runutkan pengalaman Anda bersama para bawahan di kantor, lalu coba renungkan, kapan situasi ini mulai berlangsung, dan seperti apa perlakuan Anda terhadap mereka hingga saat ini? Setelah itu, cari beberapa kemungkinan yang memicu rasa tidak suka mereka.

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, jangan lupa singkirkan dulu ego Anda, lalu tempatkan diri Anda di posisi mereka. Hal ini akan membantu Anda mengungkap permasalahannya.

2. Tukar pikiran

Kalau Anda tak bisa memecahkan masalahnya seorang diri, carilah kesempatan khusus untuk mengangkat permasalahan ini dengan para bawahan. Ungkapkan apa yang Anda rasakan, lalu tanyakan pendapat dan masukan mereka. Tapi ingat, sungguh-sungguh adalah kunci dalam melakukannya. Sebab jika tahu Anda hanya basa-basi, nantinya mereka pasti enggan membuka diri, apa lagi bertukar pikiran.

3. Buka mata, pasang telinga

Apa artinya bertukar pikiran jika Anda masih bersikap defensif? Dalam hubungan antara atasan-bawahan, komunikasi dua arah sangatlah penting. Namun, upaya ini tak akan berarti apa-apa kalau salah satu pihak tidak mau mendengarkan suara orang lain. Jika Anda merasa berat, pikirkan saja satu hal. Anda bukan melakukan ini untuk siapa-siapa, melainkan untuk perusahaan.

Di samping itu, Anda juga bisa mencari tahu pendapat para karyawan dengan membaca review perusahaan yang mereka tulis di Jobplanet. Siapa tahu di sana tertulis juga pandangan mereka terhadap atasannya atau pihak manajemen, sehingga Anda bisa mulai melakukan introspeksi diri.

4. Ubah cara pandang

Kedudukan sebagai atasan memang memberi Anda kekuasaan dan kewenangan yang lebih tinggi. Namun, setiap pihak yang mendukung pekerjaan Anda juga sudah sepatutnya dihargai. Biar bagaimanapun, Anda tidak bekerja seorang diri, bukan?

Sebagai manusia, kita memang tidak bisa menyenangkan semua orang. Tapi dengan mengubah cara pandang akan pentingnya menjaga hubungan dengan orang lain, terlepas dari jabatan dan kedudukan masing-masing, kita pasti bisa menciptakan sebuah lingkungan yang positif.

Tetap semangat!

Comments

comments