Apa yang Harus Dilakukan Jika Pilihan Karier Tak Didukung Orang Tua?

Anda sedang menghadapi masalah pekerjaan dan punya pertanyaan seputar karier dan dunia kerja? Kirimkan pertanyaan Anda melalui email [email protected] dan dapatkan solusinya dari ahli dan praktisi HR berpengalaman di Jobplanet. Mari raih karier yang lebih baik bersama Jobplanet!


 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Pertanyaan:

Halo Jobplanet,

Saya seorang Sarjana Teknik Informatika berusia 22 tahun. Saat ini saya baru bekerja sebulan di salah satu startup di Jakarta, posisi saya sebagai UI/UX Designer.

Orang tua saya pada awalnya membebaskan saya untuk bekerja di mana saja, tapi setelah merasa kalau tempat bekerja saya kurang menjanjikan, mereka terus menyarankan saya mencari pekerjaan di tempat lain.

Menjadi UI/UX Designer memang karier impian saya, tapi kalau orang tua tidak mengikhlaskan rasanya saya jadi bimbang. Apakah saya harus segera mencari pekerjaan di tempat lain? Atau bertahan di tempat kerja saya yang sekarang untuk mendapatkan pengalaman terlebih dahulu?

Thanks.

 

Jawaban:

Sayang Anda tidak menjelaskan secara lebih detail apa yang dimaksud dengan “kurang menjanjikan” sebagaimana dirasakan oleh orang tua Anda—apakah dari sisi remunerasi, jenjang karier, atau ada hal lainnya yang merisaukan orang tua Anda.

Satu hal yang harus saya tekankan adalah, jujurlah pada diri sendiri. Apa yang Anda rasakan dengan bekerja di perusahaan startup ini?

Bila Anda merasa bahagia bekerja di sana, apa yang membuat Anda bahagia? Apa yang membuat Anda menikmati pekerjaan saat ini? Kontribusi apa yang bisa Anda berikan melalui pekerjaan tersebut? Bagaimana bekerja di perusahaan ini bisa membangun pondasi bagi perkembangan karier Anda ke depannya sebagai UI/UX Designer dengan kemampuan yang mumpuni?

Di zaman modern seperti saat ini, pola pikir orang tua memang kadang terasa kurang relevan lagi dengan cepatnya perkembangan teknologi yang menuntut pola pikir yang jauh lebih fleksibel dan selalu kritis terhadap status quo. Akan tetapi, bukan pula berarti bahwa saya menyarankan Anda untuk menentang pendapat orang tua.

Ketika Anda bisa jujur dalam menjawab beberapa pertanyaan di atas dan Anda merasa bahwa bekerja di perusahaan sekarang merupakan bagian dari proses awal untuk mengejar sesuatu yang lebih besar di masa yang akan datang, maka ajaklah kedua orang tua Anda untuk berbicara dari hati ke hati, agar mereka berdua bisa memahami apa yang paling penting bagi diri dan masa depan Anda.

Saya meyakini bahwa pada akhirnya orang tua pasti akan mendukung hal-hal yang dilakukan oleh putra-putrinya, selama Anda bisa berkomitmen untuk melakukan yang terbaik, serta membuktikan bahwa pilihan Anda adalah pilihan yang tepat dan telah melalui pertimbangan yang matang. Setelah kedua orang tua bisa memahami pilihan Anda, jangan lupa juga untuk meminta doa restu keduanya demi kesuksesan karier Anda.


Tentang Haryo Utomo Suryosumarto

Founder & Managing Director PT Headhunter Indonesia, perusahaan executive search yang mulai berdiri sejak Mei 2009. Lulusan S-1 di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada dan S-2 di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini menggabungkan pengetahuan praktis dan pengalaman profesionalnya di dunia HR selama lebih dari 16 tahun terakhir, untuk memberikan pencerahan berupa tips pengembangan karier melalui berbagai artikel serta workshop/seminar di kampus ataupun lingkungan korporasi.

Comments

comments