Anda Sarjana Hukum? Ini 5 Kualitas yang Patut Anda Banggakan

sarjana hukumJurusan hukum adalah jurusan yang memiliki prospek kerja menjanjikan bagi para lulusannya. Banyak orang memilih jurusan ini agar bisa menjadi pengacara, jaksa, hakim, atau notaris. Namun, dengan jumlah lulusan yang sangat tinggi, persaingan pun menjadi sangat ketat. Akibatnya, tidak sedikit dari mereka yang akhirnya beralih ke bidang pekerjaan lain.

Jika Anda seorang sarjana hukum yang tidak bekerja di ranah hukum, Anda tetap memiliki sejumlah kualitas yang patut Anda banggakan. Berikut di antaranya:

1. Memiliki kemampuan analisis yang baik

Dalam mempelajari ilmu hukum, Anda tidak hanya dihadapkan dengan konsep dan teori, tapi juga praktik dan studi kasus. Tentunya Anda perlu melakukan analisis yang baik untuk menangani sebuah kasus. Nah, hal ini bisa Anda terapkan ketika memasuki dunia kerja.

2. Terlatih berpikir kritis

Seseorang yang kritis tidak akan berasumsi, tapi selalu mengedepankan fakta-fakta. Karenanya mahasiswa hukum selalu dilatih untuk tidak menerima mentah-mentah informasi yang ada, melainkan berusaha menggali lebih dalam lagi fakta di baliknya. Kualitas ini otomatis akan memudahkan Anda memecahkan persoalan dalam pekerjaan.

 3. Berdaya ingat kuat

Keahlian ini didapat dari kebiasaan menghafal berbagai pasal dalam Undang-Undang. Kelebihannya adalah, lulusan hukum tidak hanya sekadar pandai menghafal, tapi mereka paham maknanya secara menyeluruh. Perusahaan pun tidak mencari orang yang bisa menghafal, melainkan yang menguasai apa yang ia kerjakan.

4. Mahir berargumen

Tak hanya harus memahami sebuah kasus beserta pemecahan masalahnya, mahasiswa hukum juga harus mampu mengkomunikasikannya dengan orang lain. Keahlian berargumen adalah salah satu kelebihan para sarjana hukum. Hal itu pun sangat menguntungkan, terlebih jika pekerjaan yang digeluti menuntut kemampuan komunikasi yang baik.

5. Berintegritas tinggi

Mahasiswa hukum didorong untuk memiliki kemampuan menjaga integratis. Apalagi ilmu yang ditekuni berlandaskan pada nilai-nilai kebenaran. Ini pula yang dapat menjadi kelebihan Anda dibandingkan lulusan lain.

Apapun bidang pekerjaan yang Anda pilih–meskipun tidak sesuai dengan jurusan, akan selalu ada peluang menuju kesuksesan. Asalkan Anda tepat memilih perusahaan yang bisa menjadi tempat belajar serta memperdalam ilmu. Informasi tentang berbagai perusahaan dan karier yang sesuai untuk Anda dapat Anda temukan di Jobplanet.

Comments

comments