Anda Fresh Graduate? Jawab 5 Pertanyaan Ini Sebelum Mencari Kerja

fresh graduate cari kerjaSetelah lulus dari perguruan tinggi, banyak fresh graduate belum memiliki pengalaman kerja atau keterampilan khusus. Hal itu lantas membuat mereka berpikir untuk mendapatkan pekerjaan apapun tanpa pikir panjang. Prinsip yang mereka pegang adalah prinsip  “asal dapat kerja”.

Satu hal yang mereka belum paham, bahwa perjalanan karir seseorang sebagian besar ditentukan oleh pekerjaan pertamanya. Karena itu, jangan pernah menyepelekan proses pencarian pekerjaan pertama Anda.

Jika Anda seorang fresh graduate yang hendak mencari kerja, sebaiknya jawab dulu lima pertanyaan berikut:

1. Anda ingin jadi apa 10 tahun ke depan?

Demi mencapai karir yang cemerlang, sebelum mencari kerja Anda harus menentukan dulu target Anda. Ingin menjadi apakah Anda sepuluh tahun yang akan datang? Ingin bekerja di bidang apa dan berada di posisi apakah Anda? Pun jangan lupa untuk merencanakan apa saja yang perlu dilakukan untuk mencapai target tersebut.

Hal lain yang perlu dilakukan adalah memilih perusahaan yang Anda inginkan untuk menjadi tempat bekerja. Tentunya Anda tidak ingin bekerja di perusahaan yang tidak mendukung karir Anda, bukan?

2. Apa minat dan bakat Anda?

Pekerjaan yang paling menyenangkan adalah menjalani hobi dan dibayar. Anda setuju? Untuk itu, cari tahu dulu bidang yang Anda minati dan jangan pernah asal menerima pekerjaan jika bidangnya tidak sesuai dengan minat dan bakat Anda. Menjalankan pekerjaan secara terpaksa akan membuat hasilnya tidak optimal dan bisa membuat Anda stres.

3. Bagaimana karakter Anda?

Kenali dulu karakter diri Anda sebelum mencari kerja. Pencari kerja yang berkarakter ambisius dan suka tantangan bisa mencoba bekerja di perusahaan startup. Namun, jika senang berada di zona nyaman (comfort zone), Anda bisa mempertimbangkan untuk bekerja di perusahaan yang sudah mapan dan well-established seperti perusahaan BUMN.

4. Industri apa yang cocok dengan passion Anda?

Jika sudah menemukan minat, bakat, dan memahami karakter Anda, saatnya Anda menentukan industri apa yang cocok untuk Anda. Industri pertama yang Anda pilih juga akan menentukan perjalanan karir Anda, lho. Jika Anda berencana untuk pindah kerja, perusahaan baru biasanya cenderung memilih pelamar yang memiliki pengalaman di industri terkait.

5. Anda ingin menjadi buntut gajah atau kepala kucing?

Menjadi buntut gajah bisa dibayangkan seperti Anda bekerja di perusahaan besar dan stabil, tapi setiap pekerjaan yang Anda lakukan tidak selalu terlihat. Sementara menjadi kepala kucing ibarat Anda bekerja di sebuah perusahaan kecil, tapi Anda memiliki kendali di dalamnya. Anda memiliki peran penting dalam perusahaan dan setiap kontribusi Anda dapat terlihat dengan jelas. Nah, Anda pilih untuk menjadi yang mana?

Setelah menjawab kelima pertanyaan di atas, saatnya Anda melakukan riset seputar perusahaan yang akan Anda lamar. Guna mengetahui seluk-beluk perusahaan, seperti lingkungan kerja, jenjang karir, standar gaji, sekaligus mempersiapkan diri menghadapi interview kerja, Anda dapat mengunjungi situs Jobplanet. Di sana Anda akan menemukan informasi lengkap perusahaan terbaik untuk fresh graduate yang dapat menjadi panduan Anda dalam melamar kerja.

Semoga sukses!

Comments

comments