Alih Profesi atau Pindah Perusahaan? Jangan Salah Langkah!

alih profesi atau pindah perusahaan

Dalam dunia kerja, perpindahan karyawan dari satu perusahaan ke perusahaan lain adalah hal yang wajar. Keinginan untuk berkembang bisa menjadi alasan yang mendorong seseorang untuk pindah ke perusahaan yang baru, atau bahkan pindah jalur karier dan beralih profesi.

Anda mungkin sedang menimbang untuk melakukan hal yang sama. Namun sebelum melakukan hal tersebut, kenali dulu kondisi yang sedang Anda hadapi. Setelah itu, baru tentukan mana yang lebih baik bagi Anda—beralih profesi atau pindah perusahaan?

  • Anda tidak mampu memaksimalkan ilmu yang dimiliki

Setiap karyawan pasti berharap bisa mengaplikasikan ilmu dan pengalaman yang ia miliki. Namun, situasi tertentu bisa saja mendesak seseorang untuk mengambil suatu tawaran pekerjaan, meskipun tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Jika ini terjadi pada Anda, dan pada akhirnya Anda merasa tidak cocok dengan pekerjaan tersebut dan merasa mantap bahwa itu bukan pilihan karier yang tepat untuk Anda, maka keputusan untuk beralih profesi adalah jawabannya.

  • Pekerjaan tidak sesuai passion atau lingkungan tidak mendukung

Anda tidak menemui kesulitan dengan tugas-tugas yang diberikan atasan, tapi semangat untuk bekerja kian hari kian menurun. Jika Anda berada dalam situasi ini, coba telisik apa yang membuat Anda tak bersemangat. Apakah pekerjaan yang Anda jalani sudah sesuai dengan passion Anda, atau karena lingkungan kerja kurang bersahabat?

  • Anda kurang merasa tertantang

Jika Anda tipe orang yang suka tantangan dan selalu ingin mencoba hal baru, maka sewaktu-waktu keinginan untuk berpindah profesi bisa saja datang. Tentu saja konsekuensinya Anda harus memulai kembali dari nol. Namun jika Anda cerdik, dari jauh-jauh hari Anda sudah mulai belajar dan memperkaya keahlian sebagai modal untuk menekuni profesi baru.

 

Ketika Anda merasa telah salah pilih pekerjaan, coba pikirkan sekali lagi apakah benar demikian? Karena bisa jadi langkah yang semestinya Anda ambil bukanlah mencari profesi baru, melainkan perusahaan baru.

  • Beban pekerjaan terlalu tinggi

Ketika Anda mulai kehilangan semangat untuk berangkat ke kantor karena tugas-tugas yang menanti di meja kerja, maka cari tahu dulu apakah yang memberatkan Anda adalah jenis pekerjaan itu sendiri atau beban kerjanya. Jangan langsung menyalahkan profesi yang dijalani, karena bisa jadi beban ini hanya dirasakan oleh karyawan di perusahaan Anda.

  • Posisi dan job description tidak sesuai

Awalnya Anda mungkin merasa puas dengan pekerjaan yang didapat, apalagi jika bidangnya sesuai dengan harapan Anda. Namun ketika dijalankan, ternyata Anda dibebani tanggung jawab yang tidak semestinya. Di satu sisi, hal ini dapat memberikan Anda ilmu dan pengalaman yang baru. Namun, jika beban di luar tanggung jawab utama Anda di kantor mulai mengikat Anda, wajar jika Anda berusaha mencari perusahaan lain yang mengutamakan keahlian Anda dan dapat menunjang perkembangan karier Anda.

  • Gaji

Beberapa profesi memiliki reputasi sebagai profesi bergaji rendah. Padahal faktanya besaran gaji bergantung pada standar yang dimiliki setiap perusahaan. Ketika rasanya penghasilan yang didapat tak lagi mencukupi, Anda jangan lantas memutuskan untuk beralih profesi. Kunjungi situs Jobplanet, dan temukan perusahaan yang mampu memberikan imbalan lebih untuk profesi Anda.

Comments

comments