7 Sifat Ini Akan Membuat Anda Tak Disukai di Lingkungan Kerja

7 Sifat Ini Akan Membuat Anda Tak Disukai di Lingkungan Kerja

 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Tidak bisa dipungkiri, di setiap lingkungan kerja, pasti ada setidaknya satu karyawan yang tidak begitu disukai. Bisa jadi karena ia tidak bisa bekerja dengan baik, sering merepotkan atau mengganggu rekan-rekannya yang lain, sombong, atau pemalas.

Jika Anda tidak bekerja dalam tim atau divisi yang sama dengan dia mungkin tidak jadi masalah. Tapi, bagaimana jika dia adalah rekan kerja Anda dalam satu tim? Tentunya Anda dan teman-teman dalam tim Anda akan merasa tidak nyaman.

Namun, jika Anda tidak merasa terganggu, jangan lantas menjadi senang. Siapa tahu justru Andalah orang itu! Nah, berikut ini Jobplanet paparkan tujuh sifat yang bisa membuat seseorang tidak disukai di tempat kerja. Pastikan Anda tidak memiliki satu atau beberapa sifat menyebalkan berikut:

  1. Menyebarkan aura negatif

Salah satu sifat orang yang menyebalkan adalah kebiasaannya yang tanpa sadar membawa aura negatif bagi rekan-rekan di lingkungannya. Contohnya, sering mengeluhkan perjalanan ke kantor yang macet, menggerutu karena makan siang yang tidak enak, bergosip tentang rekan kerja atau bos di waktu luang, melemparkan kritik yang menjatuhkan rekan kerja, atau bersikap pesimis ketika diberikan tugas atau proyek baru oleh atasan.

Siapa sih yang senang bekerja dengan orang yang selalu berpikir negatif? Bukankah suasana kantor akan lebih menyenangkan atau atau pekerjaan akan terasa lebih ringan jika kita bekerja dengan orang-orang yang optimis dan periang?

  1. Tidak menjaga kebersihan

Ciri-ciri orang yang tak bisa menjaga kebersihan alias jorok antara lain, hobi membuang sampah sembarangan, meninggalkan piring kotor bekas makan di meja pantry, atau seenaknya meletakkan barang di mana saja. Tentu saja perbuatan ini bisa membuat rekan kerja tak suka dengan Anda. Apa lagi jika Anda tidak menjaga kebersihan diri. Misalnya sampai bau badan atau mulut. Duh, kalau demikian, dijamin rekan kerja Anda akan malas dekat-dekat dengan Anda.

  1. Tidak peka dengan situasi

Ketika rekan kerja sedang bersenda gurau, Anda malah menanggapinya dengan serius dan merusak suasana. Atau sebaliknya, ketika mereka sedang serius membicarakan pekerjaan, Anda malah menanggapi dengan canda gurau yang tidak pada tempatnya. Tentu saja hal itu sangat menyebalkan.

  1. Sering menunda pekerjaan

Anda selalu punya banyak alasan untuk mengundur tanggal deadline dari pekerjaan yang diberikan. Bahkan, pekerjaan yang mudah pun Anda tunda. Kebiasaan seperti itu tak hanya menunjukkan bahwa Anda suka menunda-nunda pekerjaan, tapi juga menunjukkan bahwa Anda juga tidak bisa mengelola waktu dengan baik. Kebiasaan buruk ini jelas sangat mengganggu. Yang pasti, jadwal dan target kerja rekan-rekan, khususnya yang pekerjaannya berhubungan dengan Anda, menjadi terhambat.

  1. Sulit dihubungi

Komunikasi menjadi salah satu kunci sukses dalam kerja tim. Bisa Anda bayangkan, apa yang terjadi bila salah satu rekan kerja sulit dihubungi? Ketika rekan kerja membutuhkan pendapat, menunggu keputusan, atau bahkan menunggu laporan dari Anda untuk keperluan perusahaan; Anda malah tidak kunjung memberikan respons. Dihubungi melalui aplikasi chat, Anda tak membalas. Ditelepon pun, Anda tak mengangkat. Menyebalkan.

  1. Tidak bertanggung jawab

Orang yang tidak bertanggung jawab adalah orang yang paling dihindari di lingkungan kerja. Pasalnya, ketika melakukan kesalahan, ia malah menghilang. Tidak jarang rekan kerja dan tim dari divisi lain harus ikut bertanggung jawab atas kesalahannya. Ketika dimintai pertanggungjawaban, dia malah merasa dipojokkan, lantas mengambinghitamkan orang lain. Jika Anda seperti ini, segera perbaiki sikap Anda.

  1. Tidak dapat diandalkan

Mungkin Anda adalah orang yang menyenangkan, namun perlahan rekan kerja Anda pasti akan merasa lelah jika Anda tak bisa diandalkan dalam pekerjaan. Sikap tanggung jawab dan bisa diandalkan dalam pekerjaan penting untuk menjaga kepercayaan rekan kerja dan hubungan baik dengan mereka. Jika Anda tak memiliki dua hal ini, tentunya Anda akan kesulitan untuk membangun reputasi dan meraih karier yang Anda impikan.

Semoga sebagai profesional, Anda tidak memiliki satu pun ciri-ciri di atas.

Apakah ada seseorang yang tidak disukai di tempat kerja Anda yang memiliki sifat-sifat selain ketujuh sifat di atas? Jika ada, ayo ceritakan pengalaman Anda di kolom komentar.

Comments

comments