6 Persiapan Wajib Sebelum Interview via Skype

persiapan wajib sebelum interview via skype

 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Tahukah Anda bahwa sejarah interview atau wawancara kerja bermula pada tahun 1921? Pada saat itu, Thomas Edison merasa frustasi dengan kualitas kandidat yang melamar untuk bekerja kepadanya, sehingga ia kemudian mengadakan tes tertulis untuk mengevaluasi pengetahuan mereka.

Kini, seiring dengan perkembangan teknologi, proses wawancara kerja ikut berevolusi. Sejumlah perusahaan menerapkan interview jarak jauh, salah satunya melalui aplikasi Skype.

Meski tidak mengharuskan interaksi tatap muka secara langsung, namun ada sejumlah hal yang harus Anda persiapkan sebelum melakukan interview via Skype. Berikut enam di antaranya:

1. Siapkan akun Skype

Sebelum menghadapi interview, pastikan akun Skype Anda telah siap. Usahakan Anda menggunakan username yang berupa nama jelas, kemudian pilih dan unggahlah foto yang dapat memberikan kesan pertama yang positif. Kedua hal ini juga akan memudahkan pewawancara untuk mengenali Anda.

2. Uji coba

Apabila ini merupakan pengalaman pertama Anda menggunakan Skype, lakukanlah uji coba untuk membiasakan diri. Hal ini juga perlu dilakukan untuk memastikan bahwa aplikasi tersebut bekerja dengan baik di laptop atau perangkat yang Anda gunakan.

3. Periksa koneksi Internet

Wawancara kerja jarak jauh, terutama via Skype, tentu sangat mengandalkan koneksi Internet yang baik. Untuk itu, pilihlah lokasi dengan koneksi Internet yang stabil untuk melakukan panggilan video.

4. Siapkan rencana cadangan

Untuk mengantisipasi masalah yang dapat muncul di tengah-tengah interview, pasanglah aplikasi Skype di satu atau dua perangkat lain sebagai cadangan. Anda juga bisa menangani koneksi Internet yang terganggu dengan menyiapkan modem cadangan. Dengan begitu, baik Anda maupun pewawancara tak perlu menunggu lama untuk melanjutkan interview jika terjadi gangguan.

5. Pilih pakaian yang tepat

Sekalipun Anda menjalankan interview dari rumah, namun jangan sepelekan pemilihan dress code. Kenakanlah pakaian yang terlihat profesional, serta sesuai dengan profesi yang Anda lamar.

6. Minimalisir gangguan suara

Matikan ponsel, alarm, notifikasi di laptop, atau perangkat lain yang sewaktu-waktu bisa mengeluarkan suara. Jika interview dilakukan di rumah, beritahukan dan ingatkan anggota keluarga Anda agar mereka tidak mengganggu selama interview berlangsung.

Persiapan terakhir yang wajib Anda lakukan adalah berlatih. Baik interview via Skype maupun secara langsung, persiapan tak boleh dilewatkan. Di Jobplanet, Anda akan temukan beberapa pengguna yang pernah menjalankan interview via Skype. Silakan telusuri informasi interview di perusahaan tujuan Anda, kemudian pelajari kisi-kisi pertanyaannya sebagai bahan untuk Anda berlatih.

Semoga sukses!

Comments

comments