6 Kunci Sukses dalam Berbisnis

kunci sukses dalam berbisnisMenekuni bisnis merupakan pilihan setiap orang. Sama halnya dengan menjadi entrepreneur yang sukses. Jalannya memang tidak selalu mudah, tapi jika Anda punya niat kuat yang diimbangi dengan kerja keras, siapa saja pasti bisa mencapai kesuksesan tersebut.

Jika Anda adalah seorang entrepreneur, simak enam kunci sukses berikut:

1. Jangan berhenti belajar

Wisuda bukanlah akhir dari proses pembelajaran seseorang. Meskipun Anda telah memiliki gelar dan pekerjaan tetap, namun ilmu harus tetap digali dan dikembangkan. Belajar tidak melulu lewat buku kok. Jika Anda seorang entrepreneur, Anda bisa menghadiri seminar-seminar atau mengikuti kursus online gratis terkait bisnis yang digeluti.

 2. Kembangkan relasi

Relasi atau networking merupakan salah satu kunci utama dalam memajukan bisnis. Seminar-seminar yang Anda hadiri bisa menjadi media untuk membina relasi, terutama dengan para ahli bisnis. Selalu kantongi kartu nama ke manapun Anda pergi, dan jangan segan untuk menegur serta membuka perbincangan dengan orang-orang yang Anda temui.

3. Terbuka dengan perubahan

Sebagai entrepreneur, Anda mungkin ingin punya bisnis yang unik dan berbeda. Tapi ingat, Anda pun harus selalu terbuka dengan inovasi dan perubahan karena dunia bisnis sangat dinamis mengikuti perkembangan pasar. Jika menutup diri bisa-bisa Anda justru tertinggal jauh dari para pesaing.

4. Jangan mudah puas

Terlalu cepat puas dengan hasil yang diperoleh membuat Anda sulit berkembang. Jika Anda lengah, pesaing akan mudah menyusul. Bangga atas setiap pencapaian boleh-boleh saja, tapi Anda jangan lupa untuk langsung mengatur target selanjutnya serta strategi-strategi untuk mencapainya.

5. Selalu dengarkan masukan

Sebuah bisnis yang berhasil tidak hanya mementingkan profit, melainkan berorientasi pada keinginan dan kebutuhan konsumen. Seorang entrepreneur harus bersedia menerima masukan dan keluhan para konsumen agar tahu apa yang salah dan perlu diperbaiki. Sebaliknya, bersikap defensif hanya akan menghambat kemajuan bisnis Anda.

6. Jadilah leader sejati

Bisnis yang sukses dijalankan oleh sekelompok tim yang solid. Tim ini hanya bisa terbentuk dengan adanya sosok pemimpin yang baik dan andal. Seorang pemimpin sejati harus bisa merangkul karyawannya untuk bersama-sama menyukseskan perusahaan, serta mau mendengar apa yang mereka katakan tentang perusahaan. Nah, informasi tersebut tentunya bisa Anda temukan di Jobplanet.

Pesan untuk pihak manajemen        

Manajemen harus lebih intensif lagi dlm merespon permasalahan kurangnya fasilitas, terutama di masing2 cabang. Jangan terlalu terfokus dgn efisiensi. Karena bagi bank bagaimanapun pelayanan tetap nomor satu– Karyawan customer service sebuah bank di Jakarta

atasan harus bisa bekerja sama dengan bawahan, dan saling mensupport, merangkul bawahan jangan memandang jabatan. Memberikan semangat dan kebijakan yang tidak pandang bulu– Karyawan pemerintahan perusahaan migas di Jakarta

“Penilaian kerja harus objektif dan sesuai aturan yang berlaku. Perlu adanya SOP yang jelas untuk penilaian kerja ini.” Karyawan IT perusahaan ritel di Jakarta

Comments

comments