6 Hal yang Diinginkan Karyawan di Tempat Kerja

 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Kebahagiaan di tempat kerja merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan produktivitas karyawan. Sumber kebahagiaan itu sendiri tidak semata-mata berasal dari gaji yang mereka dapatkan. Bahkan para pengguna Jobplanet menilai perusahaan tempat mereka bekerja tak hanya berdasarkan gaji dan tunjangan, tapi juga beberapa faktor lain, seperti jenjang karier, work-life balance, budaya perusahaan, dan manajemen perusahaan.

Ekspektasi setiap karyawan terhadap tempat kerja mereka tentu saja beragam. Sebab, tolok ukur kepuasan setiap orang juga berbeda-beda. Namun, bisa dipastikan bahwa sebagian besar karyawan selalu menginginkan enam hal berikut:

 

1.Apresiasi dan feedback yang rutin

Siapapun pasti ingin hasil kerjanya dihargai. Salah satunya dalam bentuk pujian secara langsung. Untuk itu, apresiasi dari atasan menjadi sesuatu yang sangat diharapkan oleh karyawan.

Tidak cukup hanya apresiasi, karyawan juga membutuhkan feedback atau masukan yang membangun. Dengan kata lain, mereka ingin diperhatikan. Apresiasi dan feedback ini harus dilakukan secara rutin, agar kinerja karyawan terus mengalami peningkatan seperti yang diinginkan perusahaan.

 

2.Wadah untuk berkembang

Selain bekerja dan terus bekerja, para karyawan juga butuh wadah untuk mengembangkan potensi dalam diri mereka. Untuk mengembangkan potensi tersebut, mereka berharap perusahaan dapat memfasilitasinya. Salah satunya dengan mengikutsertakan mereka dalam acara seminar, serta pelatihan berupa workshop atau kursus online yang dapat menunjang kinerja mereka.

Fasilitas pengembangan diri ini bisa dikatakan sebagai sebuah investasi, karena bukan hanya karyawan yang diuntungkan, tapi perusahaan pun akan merasakan dampak positifnya.

 

3.Relasi yang hangat antarkaryawan

Selain tempat untuk bekerja, kantor juga menjadi rumah kedua bagi para karyawan, sebab di sanalah mereka paling banyak menghabiskan waktu selain di rumah sendiri. Para karyawan lain pun bagaikan anggota keluarga mereka. Tak heran jika relasi yang hangat dengan atasan, senior, maupun rekan kerja selevel sangat diharapkan.

Dengan dikelilingi orang-orang yang membawa aura positif, maka stres ketika bekerja dapat dihindari, dan kebahagiaan pun selalu dirasakan oleh karyawan.

 

4.Arahan yang cukup, serta kebebasan bereksplorasi

Kreativitas seseorang dapat terlihat ketika diberikan kesempatan untuk bereksplorasi. Begitu pula dengan para karyawan di tempat kerja. Meskipun arahan dari atasan selalu dibutuhkan, seperti target yang hendak dituju, atau hal apa saja yang boleh dan tak boleh dilakukan; tapi mereka juga tidak ingin terlalu dikekang.

Para karyawan justru ingin diberi kebebasan untuk bereksplorasi, sehingga mereka dapat mengasah kreativitasnya dengan memberikan ide-ide yang mampu memajukan perusahaan.

 

5.Perasaan aman dan nyaman

Ketika terjun ke dunia kerja, ada kalanya seorang karyawan dipaksa untuk keluar dari zona nyaman. Misalnya, ketika ia mendapat tanggung jawab, penugasan, atau proyek baru. Akan tetapi, lain halnya jika rasa tak nyaman tersebut terjadi karena adanya pelecehan atau perlakuan buruk di lingkungan kerja yang melewati batas.

Rasa tak aman dan tak nyaman akan membuat karyawan selalu merasa waswas dan gelisah, hingga akhirnya berpengaruh pada produktivitas mereka.

 

6.Atasan yang bisa diajak bertukar pikiran

Setiap karyawan tentu ingin memiliki atasan yang bisa diandalkan. Ketika mengalami kesulitan dalam bekerja, atasanlah sosok yang dinilai paling tepat untuk dimintai masukan, bahkan diajak bertukar pikiran.

Atasan yang tidak dapat memenuhi hal tersebut karena membangun jarak dengan bawahannya, atau karena kurang kompeten untuk menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan pekerjaan dan bidangnya, tentu bukan sosok atasan yang diharapkan oleh karyawan.

 

Di samping keenam hal di atas, masih banyak hal lain yang diinginkan oleh karyawan di tempat kerja. Kalau Anda sendiri, apa saja yang Anda harapkan dari perusahaan tempat Anda bekerja? Tuliskan review dan pesan untuk manajemen perusahaan Anda di sini, ya.

 

Comments

comments