5 Pekerjaan yang Didominasi Kaum Wanita

pekerjaan wanitaDi zaman modern ini, diskriminasi terhadap gender sudah jarang ditemui, terutama dalam dunia pekerjaan. Namun, masih ada beberapa bidang pekerjaan yang sebagian besarnya dijalankan oleh kaum tertentu.

Jika Anda perhatikan, ada beberapa bidang pekerjaan yang didominasi kaum wanita. Penyebabnya bukan karena diskriminasi, melainkan karena bidang tersebut membutuhkan karakter-karakter yang umumnya dimiliki oleh para wanita. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan bagi pekerja pria untuk ikut mengisi pekerjaan tersebut.

Berikut adalah beberapa pekerjaan yang didominasi oleh kaum wanita:

1. Public Relations (PR)

Hasil riset yang dilakukan oleh Public Relations Society of America menunjukkan bahwa sebesar 85% profesi PR didominasi oleh kaum wanita. Di Indonesia, profesi ini memang lebih diminati oleh wanita. Wanita dikenal memiliki hobi berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain, serta kemampuan untuk mendengarkan dan menulis yang lebih baik dibandingkan pria. Oleh karena itu, perusahaan cenderung lebih memilih wanita untuk menduduki posisi PR.

2. Human Resource (HR)

Bisa dikatakan HR merupakan induk dari perusahaan karena segala urusan perusahaan ditangani oleh bagian ini—mulai dari sistem perekrutan hingga hubungan kerja antarpegawai. Kemampuan untuk menjelaskan dan menangani hal-hal terperinci dan detail jarang ditemukan dalam diri pria sehingga kebanyakan profesi ini diisi oleh para wanita.

3. Media Sosial

Wanita cenderung lebih aktif dalam hal bersosialisasi, termasuk dalam media sosial. Wanita memiliki imajinasi dan kreativitas untuk menulis dan melakukan engangement dengan para pengikutnya di media sosial. Karena itu, rata-rata perusahaan mempekerjakan wanita untuk menangani media sosial perusahaan.

4. Sales Marketing

Selain skill komunikasi yang baik, wanita juga cukup andal dalam bernegosiasi. Dua kemampuan ini sangat dibutuhkan untuk bidang pekerjaan marketing, terutama di bagian sales. Selain itu, penampilan yang menarik juga dituntut oleh profesi ini. Itulah sebabnya tidak jarang kita temui wanita yang menjabat sebagai sales marketing.

5. Perawat

Perawat identik dengan seorang wanita. Hampir seluruh rumah sakit di dunia didominasi oleh perawat wanita. Sifat wanita yang pengertian, terampil, dan telaten membuat mereka lebih dipilih sebagai perawat di rumah sakit dibandingkan pria.

Itu adalah beberapa profesi yang didominasi oleh kaum wanita. Jika Anda tertarik dengan bidang pekerjaan di atas, silakan kunjungi Jobplanet dan temukan perusahaan dengan jenjang karir terbaik untuk profesi yang Anda inginkan. Ketahui pula berapa range gaji yang ditawarkan di perusahaan tersebut dengan mengeceknya di sini. Selamat mencari pekerjaan! (chk/wid)

Comments

comments