5 Pekerjaan yang Cocok untuk Para Introvert

pekerjaan untuk karakter introvertSetiap orang tentunya memiliki karakter dan kepribadian masing-masing, yang juga akan menentukan minat dan bakatnya. Secara umum, terdapat tiga kepribadian manusia, yaitu introvert, extrovert, dan ambivert. Kali iniekĀ Jobplanet akan membahas soal profesi yang cocok untuk orang-orang berkarakter introvert.

Orang introvert mudah dikenali. Biasanya, ia lebih senang menyendiri dan membatasi interaksi atau komunikasi dengan orang lain. Orang-orang introvert umumnya memiliki kemampuan analisa yang hebat dan tingkat kreativitas yang lebih tinggi ketimbang para extrovert. Tentunya karakter ini akan memengaruhi jenis pekerjaan yang sebaiknya akan diambil.

Berikut adalah beberapa jenis pekerjaan yang cocok bagi para introvert:

1. Programmer dan Web Developer

Internet adalah media utama yang digunakan orang introvert untuk berkomunikasi, karena mereka bisa berkomunikasi tanpa perlu berinteraksi atau berhadapan langsung dengan orang lain. Karena itu, programmer atau web developer menjadi salah satu pekerjaan impian orang-orang introvert.

2. Akuntan atau Finance

Pekerjaan ini sangat cocok untuk para introvert yang teliti dan memiliki kemampuan berhitung yang baik. Dengan bekerja sebagai akuntan atau karyawan finance, Anda tidak akan banyak berkomunikasi dengan orang lain, melainkan lebih sering berhadapan dengan angka dan berbagai dokumen.

Jika Anda seorang introvert yang ingin berkarir sebagai akuntan, Anda bisa mengetahui berapa gaji profesi ini baik di Kantor Akuntan Publik (KAP) maupun perusahaan lainnya di website ini.

3. Market Analyst

Pekerjaan satu ini membutuhkan kecermatan dalam mengumpulkan data, serta kemampuan untuk menganalisa dan menyusunnya menjadi sebuah informasi. Nah, kemampuan ini biasanya dimiliki oleh para introvert karena walaupun kelihatannya mereka jarang berinteraksi dengan orang lain, namun mereka tetap jeli mengamati dan menganalisa lingkungan sekitarnya.

4. Desainer Grafis

Biasanya para desainer membutuhkan suasana yang tenang untuk mendapatkan ide, mengembangkan imajinasinya, dan menuangkannya ke dalam sebuah gambar atau produk. Jadi, pekerjaan ini sangat tepat untuk orang-orang introvert. Saat ini desainer grafis sudah semakin banyak dibutuhkan, dan karena bisa dikatakan ide kreatif itu harganya mahal, maka biasanya gaji untuk profesi ini pun lumayan tinggi. Cek di sini untuk mengetahuinya.

5. Copywriter atau Penulis

Orang yang sulit berkomunikasi secara langsung dengan orang lain umumnya lebih piawai dalam menuangkan ide dan pikirannya menjadi sebuah tulisan. Selain itu, para introvert cenderung lebih imajinatif dan kreatif sehingga tidak heran kalau mereka bisa menghasilkan karya-karya yang bagus.

Jika Anda seorang introvert, tentunya Anda tidak mesti membatasi diri dengan lima pekerjaan di atas. Anda bisa mengeksplorasi kemampuan Anda dengan mencoba pekerjaan-pekerjaan yang menantang. Namun perlu diingat, menjalankan profesi sesuai dengan karakter dan kepribadian Anda tentu akan menunjang performa kerja yang lebih baik. Jadi, mana yang Anda pilih? (chk/wid)

Comments

comments