5 Pekerjaan Paruh Waktu yang Populer di Kalangan Mahasiswa

Pekerjaan Paruh Waktu

 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Sebelum lulus kuliah dan mencari kerja, kebanyakan mahasiswa mungkin masih bergantung pada penghasilan orang tua mereka. Meski begitu, hal ini tak serta merta menghalangi keinginan mereka untuk mencari sumber penghasilan sendiri. Salah satunya, dengan melakukan part-time job atau pekerjaan paruh waktu.

Dengan bekerja paruh waktu, para mahasiswa bukan cuma bisa mendapat tambahan uang saku saja, tapi juga pengalaman dan keahlian tertentu di dunia kerja. Keuntungan ini terutama akan dirasakan oleh fresh graduate. Pengalaman bekerja paruh waktu biasanya akan membuat mereka lebih diperhitungkan oleh perusahaan, dan membuat mereka selangkah lebih maju dari rekan-rekan seangkatannya ketika lulus.

Mau tahu pekerjaan paruh waktu apa yang paling populer di kalangan mahasiswa—yang juga akan bermanfaat sebagai modalnya menyongsong dunia kerja? Simak ulasan Jobplanet berikut ini.

1. Pengajar bimbel

Menjadi pengajar di lembaga kursus atau bimbingan belajar (bimbel) merupakan contoh pekerjaan paruh waktu yang paling banyak dilakukan mahasiswa. Pasalnya, pekerjaan ini tak banyak memakan waktu—hanya sekitar dua sampai empat jam per hari—sehingga mudah disesuaikan dengan waktu perkuliahan mahasiswa. Selain itu, pekerjaan ini mendorong mahasiswa untuk terus belajar dan menggali ilmu untuk memperluas wawasan mereka.

2. Barista

Seiring dengan semakin menjamurnya kafe atau kedai kopi, semakin banyak pula kesempatan yang dibuka untuk mahasiswa untuk bekerja paruh waktu sebagai barista. Perlu Anda ketahui, seorang barista tak hanya dituntut untuk memiliki pengetahuan tentang kopi atau bisa membuat kopi saja. Ia pun dituntut untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik, karena akan berhadapan dan berinteraksi dengan pelanggan serta bekerja sama dalam tim.

Pengalaman kerja paruh waktu sebagai barista akan membantu mahasiswa yang bercita-cita untuk menjalani profesi di bidang pelayanan, pemasaran, ataupun yang kelak ingin berwirausaha dan membuka kedai kopinya sendiri.

3. Asisten dosen

Mahasiswa yang bekerja sampingan sebagai asisten dosen alias “asdos” sering dianggap sebagai mahasiswa keren. Pasalnya, asdos biasanya merupakan mahasiswa yang terpilih dan memiliki kualifikasi akademis yang baik. Selain mendapatkan pengalaman mengajar, mahasiswa yang merangkap asdos juga bisa memperkuat relasinya dengan para dosen.

Pengalaman kerja sebagai asdos tak hanya bisa membantu mahasiswa yang ingin meniti karier di dunia pendidikan, tapi juga bisa membantunya mendapatkan pekerjaan pertama, terutama dari relasinya dengan para dosen.

4. Content Creator

Seiring dengan perkembangan dunia digital, kebutuhan perusahaan akan content creator semakin besar. Hal ini pula yang mendorong mereka untuk merekrut mahasiswa sebagai karyawan magang atau paruh waktu. Bagi para mahasiswa, pekerjaan paruh waktu sebagai content creator bisa dibilang tidak terlalu kaku karena dapat dikerjakan secara mobile. Meski begitu, beberapa perusahaan mewajibkan karyawan magangnya untuk hadir minimal beberapa hari dalam satu minggu.

Pekerjaan paruh waktu sebagai content creator layak dilirik oleh mahasiswa, terutama mereka yang tertarik untuk menggeluti karier di dunia konten, pemasaran, dan public relations. Meski begitu, perlu diingat: content creator bukanlah pekerjaan yang mudah, karena menuntut kreativitas dan kedisiplinan tinggi, terutama terhadap deadline.

5. Office assistant di kampus

Kehadiran seorang office assistant sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan, tak terkecuali kantor administrasi di kampus. Itulah mengapa mahasiswa bisa melirik pekerjaan ini untuk mengisi waktu di sela jadwal perkuliahan. Lokasi kerja yang berdekatan dengan kelas-kelas perkuliahan juga memudahkan mereka untuk memenuhi tanggung jawabnya sebagai mahasiswa sekaligus office assistant paruh waktu.

Pekerjaan sebagai office assistant di kampus akan memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa, terutama yang ingin menggeluti bidang administrasi ataupun bekerja di bidang akademis.

Selain kelima contoh di atas, masih banyak pekerjaan paruh waktu lainnya yang dapat menjadi alternatif bagi para mahasiswa yang ingin bekerja sambil kuliah. Anda bisa memanfaatkan situs referensi dunia kerja seperti Jobplanet untuk menemukan informasi lowongan kerja paruh waktu di berbagai perusahaan.

Comments

comments