5 Kiat Tahan Banting Meski Bekerja di Bawah Tekanan

bekerja di bawah tekanan

Mendapat pekerjaan dengan beban yang tinggi memang bisa membuat stres. Anda jadi sering merasa resah dihantui oleh deadline dan target. Kerja pun menjadi tidak nyaman karena merasa tertekan. Nah, berikut ini adalah kiat-kiat mengatasinya agar Anda tetap tahan banting meski bekerja di bawah tekanan:

1. Hadapi tantangan dengan bijak

Tantangan merupakan hal yang lumrah dalam setiap pekerjaan. Tanpa tantangan, seseorang akan sulit berkembang. Jadi, jika Anda memiliki tugas dan tanggung jawab yang berat, jangan takut. Anggaplah hal ini sebagai langkah awal menuju kesuksesan.

2. Berani keluar dari zona nyaman

Karena merasa tertekan Anda pun selalu “bermain aman”. Padahal menghindar terus menerus tak akan mengusir beban pekerjaan dari hadapan Anda. Beranikan diri untuk keluar dari zona nyaman dan pelajarilah hal-hal baru yang dapat meningkatkan potensi diri Anda.

3. Menyusun pekerjaan

Tugas yang menumpuk serta deadline yang ketat bisa membuat Anda stres. Oleh karenanya, Anda harus pintar menyusun satu demi satu pekerjaan dan tentukan mana yang menjadi prioritas. Jika Anda dapat mengatur waktu dan pekerjaan dengan baik, Anda tak akan kewalahan menuntaskannya.

4. Jangan hanya memikirkan gaji

Ketika Anda mulai setengah hati menjalankan tanggung jawab, yang Anda tunggu hanya tanggal gajian saja. Padahal banyak faktor lain yang harusnya tetap menjaga semangat Anda. Terlepas dari beratnya pekerjaan, Anda mendapat banyak ilmu dan pengalaman yang berharga, serta rekan-rekan kerja yang suportif.

5. Berpikir positif

Jika Anda merasa tekanan yang dihadapi semakin berat, cobalah pikirkan kembali karier yang Anda impikan. Jangan cepat menyerah, karena hal ini justru dapat membuat Anda semakin kuat dan cekatan. Jika atasan melihat kinerja dan kerja keras Anda selama ini, bukan tidak mungkin jabatan Anda akan cepat dinaikkan. Bukankah kita harus bersakit-sakitlah dahulu, bersenang-senang kemudian?

Beban pekerjaan yang tinggi memang harus dilihat sebagai tantangan yang mampu dilewati, tapi keseimbangannya dengan kehidupan pribadi juga merupakan hal penting. Jadi sebelum melamar pekerjaan, pastikan dulu kalau perusahaan pilihan Anda tak hanya menawarkan  jenjang karier, tapi juga mengutamakan work-life balance karyawannya. Untuk mengetahuinya, silakan baca review beragam perusahaan yang ingin Anda tuju di sini. (git/wid)

Comments

comments