5 Keuntungan Bekerja Satu Kantor dengan Pasangan

Bekerja Satu Kantor dengan Pasangan

 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Seperti yang kita ketahui, banyak perusahaan yang melarang pasangan suami-istri untuk bekerja satu kantor. Alasannya antara lain, karena khawatir akan timbul konflik kepentingan, serta khawatir masalah rumah tangga akan berimbas pada kinerja mereka. Meski begitu, tidak sedikit perusahaan yang mengizinkan hal tersebut—meski dengan catatan para suami dan istri ditempatkan di divisi yang berbeda. Pasalnya, UU Ketenagakerjaan memang memberi hak kepada perusahaan untuk mengatur perihal tersebut dalam kesepakatan perjanjiannya dengan karyawan.

Dari pihak karyawan sendiri, izin untuk bekerja satu kantor dengan pasangan dapat memberi banyak keuntungan bagi mereka. Berikut ini Jobplanet ulas lima di antaranya:

1. Saling memahami profesi

Urusan pekerjaan sering kali menjadi salah satu pemicu masalah rumah tangga. Namun, dengan bekerja satu kantor, Anda dan pasangan dapat meminimalisir kemungkinan tersebut. Anda mungkin bisa menebak alasan mengapa pasangan pulang kantor dengan mood yang buruk atau selalu tiba di rumah larut malam, karena Anda tahu persis kondisi di kantor yang sebenarnya. Alhasil, kecurigaan-kecurigaan yang tak perlu dapat dihindari.

2. Banyak waktu bersama

Bekerja di satu tempat berarti Anda dan pasangan bisa bersama-sama hampir setiap saat. Anda tak perlu pusing mengatur waktu berangkat ke kantor, atau membuat janji bertemu sebelum pulang ke rumah. Saat-saat istirahat dan makan siang pun bisa sering Anda habiskan berdua, sehingga komunikasi yang dibangun jadi semakin kuat.

3. Dapat bertukar pikiran

Punya seorang kolega yang mendampingi Anda ke mana pun bisa jadi hal yang sangat menyenangkan. Bukan cuma punya topik perbincangan yang menarik, tapi ketika pasangan sedang menemui kesulitan dengan pekerjaannya, Anda dan dia bisa saling bertukar pikiran serta meringankan beban masing-masing. Tidak heran jika Anda berdua menjadi makin kompak.

Kalau ada keuntungan, biasanya ada kerugiannya juga. Begitu pula kalau bekerja satu kantor. Terlalu sering bersama bisa saja membuat Anda dan pasangan menjadi jenuh, serta kehabisan topik perbincangan karena semuanya sudah saling tahu. Bahkan, bukan tak mungkin hubungan Anda dan pasangan jadi renggang karena adanya persaingan di kantor. Yang pasti, semuanya kembali lagi kepada cara Anda merawat hubungan tersebut.

Nah, bagaimana dengan tempat kerja Anda? Apakah ada larangan bagi suami-istri untuk bekerja satu kantor? Silakan ceritakan kisah Anda di Jobplanet. Siapa tahu review perusahaan yang Anda tulis bisa membantu banyak pencari kerja lain di luar sana.

 

Comments

comments