5 Hal yang Bisa Menghambat Karier Anda

hal yang menghambat karier

 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Mencapai karier impian tidak semudah membalikkan telapak tangan. Diperlukan strategi yang kuat dan kerja keras untuk meraihnya. Perjalanan karier seseorang tidak selalu mulus karena akan selalu ada kerikil-kerikil yang menghambat. Sayangnya, terkadang kerikil tersebut berasal dari diri kita sendiri dan sering kita lakukan tanpa sadar.

Nah, agar dapat mengurangi kerikil dalam perjalanan karier Anda, berikut lima hal yang harus Anda hindari:

1. Menganggap Anda tahu segala hal

Akan fatal akibatnya jika Anda memiliki asumsi ini, karena hal ini akan membuat Anda menjadi tinggi hati dan akhirnya malas untuk belajar. Padahal, untuk meraih karier yang tinggi, Anda harus memiliki pengetahuan dan kemampuan yang lebih dari para pesaing Anda. Asumi ini harus dihindari, terutama ketika Anda sedang menghadapi proses seleksi masuk perusahaan.

Walaupun Anda sudah memiliki banyak pengalaman, tapi jangan berpuas diri dulu. Karena, pengalaman dan pengetahuan Anda di perusahaan sebelumnya belum tentu sama dengan perusahaan yang ingin Anda lamar. Untuk itu, Anda harus mau mempelajari dan mencari berbagai informasi tentang perusahaan lainnya. Salah satu sumber informasi tersebut ada di sini.

2. Lupa membangun jaringan pertemanan

Membangun jaringan pertemanan merupakan hal yang penting untuk menggapai karier. Sayangnya, hal ini kurang dihiraukan dan bahkan dilupakan oleh sebagian orang. Mereka tak sadar bahwa sebenarnya ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan melalui jaringan pertemanan yang luas. Misalnya, membuka kesempatan bagi Anda untuk direferensikan agar mengisi posisi tertentu di sebuah perusahaan. Jadi, jangan remehkan setiap koneksi yang Anda miliki!

3. Mengikuti drama kantor

Hal ini biasanya sulit dihindari oleh sebagian orang. Setiap perusahaan biasanya memang memiliki “drama”-nya masing-masing, yang merupakan bagian dari budaya perusahaan tersebut. Nah, Anda perlu berhati-hati. Bisa jadi karier Anda menjadi terpuruk karena mengikuti drama atau politik kantor, apalagi jika nama Anda ikut terseret ke dalam drama tersebut. Untuk itu, sebelum mulai bekerja di sebuah perusahaan pahami dulu budaya kerjanya di sini.

4. Puas melakukan hal yang minim

Jangan mudah puas dengan hal yang telah Anda kerjakan, karena hal ini hanya akan membuat Anda menjadi sombong dan tidak berkembang. Apalagi jika Anda bekerja seadanya, maka hasilnya pun akan seadanya. Dalam menyelesaikan pekerjaan, usahakan untuk selalu melampaui target Anda. Dengan begitu, dijamin karier Anda akan lebih cepat naik dan kontribusi Anda akan lebih terlihat oleh perusahaan maupun atasan.

5. Enggan belajar dari kesalahan

Banyak karyawan yang merasa demotivasi setelah melakukan kesalahan. Padahal, kesalahan itu merupakan sebuah pembelajaran yang sangat berharga. Jika Anda mengalaminya, Anda harus langsung bangkit dan memperbaiki kesalahan yang telah dilakukan, dan jangan sampai jatuh ke lubang yang sama.

Sama halnya seperti ketika Anda salah memilih perusahaan tempat bekerja. Tentunya Anda tidak mau keluar kandang singa dan masuk ke lubang buaya, kan? Karena itu, sebelum pindah kerja, lihat dulu review perusahaan incaran Anda di Jobplanet dan jadikan informasi tersebut sebagai bahan pertimbangan Anda dalam memilih tempat bekerja.

Nah, jika Anda berhasil menghindari kelima hal di atas, maka karier Anda pun akan aman.

Semoga bermanfaat! (chk/wid)

Comments

comments