5 Alasan Mengapa Mahasiswa Perlu Menjalani Program Magang

Alasan Mengapa Mahasiswa Perlu Menjalani Program Magang

 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Di Indonesia, ada perguruan-perguruan tinggi yang mewajibkan mahasiswanya untuk mengikuti program magang, dan ada juga yang tidak. Namun, tak ada salahnya jika mahasiswa yang sebenarnya tidak diharuskan magang oleh pihak kampusnya untuk mencari pengalaman dengan menjajal kesempatan ini.

Perlu diketahui, setiap perusahaan memiliki kebijakan masing-masing dalam menerapkan program magang. Ada perusahaan yang memberikan honor atau gaji bagi peserta atau karyawan magangnya, ada pula yang tidak.

Umumnya, perusahaan swasta memberikan gaji atau uang makan dan transpor bagi karyawan magangnya. Namun, jika Anda magang di instansi pemerintahan, Anda harus siap jika tidak menerima bayaran.

Walaupun hanya mendapatkan bayaran yang kecil atau bahkan tidak dibayar, jangan putus asa, apalagi menganggap sepele perusahaan tempat Anda magang. Pasalnya, ada banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan mengikuti program magang.

Berikut ini Jobplanet paparkan beberapa alasan mengapa program magang penting untuk dijalani oleh mahasiswa, sebagai bentuk investasi masa depan:

1. Memperkaya CV

Setiap mahasiswa pasti berencana untuk mencari kerja setelah lulus kuliah. Selain titel sarjana, tentunya CV atau curriculum vitae akan menjadi modal awal Anda untuk memikat perusahaan.

Anda mungkin cukup aktif dalam organisasi kemahasiswaan di kampus, sehingga CV Anda cukup “berwarna” untuk dilihat oleh HRD. Meski begitu, mengingat kebanyakan fresh graduate belum memiliki pengalaman kerja, maka pengalaman mengikuti program magang akan menambah nilai Anda di mata HRD. Nilai plus ini tentu akan bermanfaat, terutama ketika Anda harus bersaing dengan puluhan atau ratusan pelamar fresh graduate lainnya.

2. Pengalaman baru

Program magang membuka kesempatan bagi Anda untuk mencicipi dunia kerja dan bekerja bersama kalangan profesional. Di sini, Anda bisa merasakan dunia kerja yang sesungguhnya dan mendapat wawasan tentang karier yang Anda inginkan di masa depan.

Siapa tahu sebenarnya Anda lebih cocok menjalankan pekerjaan yang tidak sesuai dengan jurusan kuliah Anda? Jadi, anggap saja magang itu seperti ajang “test drive” sebelum memantapkan diri meniti karier yang Anda impikan.

3. Menambah relasi

Ketika menjalani magang, Anda akan bertemu dengan orang-orang baru, baik yang seumuran dengan Anda atau para senior yang berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda.

Banyak berinteraksi dengan para profesional, saling bertukar pikiran serta menggali ilmu dari mereka bukan cuma akan menguntungkan Anda pada saat menjalani magang, tapi juga ketika Anda berkarier di masa mendatang. Tidak menutup kemungkinan suatu hari nanti nanti Anda akan bertemu dan membutuhkan rekomendasi mereka di tempat kerja berikutnya.

4. Mengelola waktu

Meskipun penuh liku, tapi kehidupan sebagai mahasiswa harus diakui menyenangkan. Bangku perguruan tinggi tidaklah sekaku SD, SMP, atau SMA. Jadwal yang lebih fleksibel untuk memilih kelas, jatah absen untuk setiap mata kuliah, serta kebebasan yang lebih terasa ketika kuliah merantau terkadang membuat mahasiswa jadi terlalu santai. Nah, dengan mengikuti program magang, Anda tak akan terlena dan akan lebih disiplin serta menghargai waktu.

Ada jam kerja yang harus dipatuhi dan tidak ada istilah “titip absen” di tempat kerja. Jika dilanggar, bukan tidak mungkin gaji Anda akan dipotong, seperti halnya yang dialami oleh beberapa karyawan yang menulis review di Jobplanet. Begitu pula dengan deadline. Jika sebagai mahasiswa Anda masih bisa santai mengerjakan tugas, maka di tempat kerja ada konsekuensi yang harus Anda tanggung jika menyepelekan tanggung jawab. Jadi, magang akan sangat bermanfaat untuk mengasah manajemen waktu Anda.

5. Kesempatan direkrut sebagai karyawan

Jika selama magang kinerja Anda bagus, tidak menutup kemungkinan Anda akan direkrut oleh perusahaan menjadi pegawai tetap mereka. Dengan begitu, Anda tidak perlu pontang-panting mencari pekerjaan setelah lulus kuliah.

Selain oleh mahasiswa, program magang juga terkadang diikuti oleh mereka yang sudah lulus kuliah. Mereka menjalaninya atas dasar keinginan sendiri, bukan sebagai kewajiban.

Apapun bentuknya, kerja magang akan memberikan pengalaman yang tak ternilai dan bisa menjadi modal berharga untuk masa depan karier pesertanya. Tentunya Anda perlu mencari perusahaan yang tepat, di mana Anda benar-benar bisa belajar, sebagai tempat magang.

Anda bisa mulai mencari perusahaan yang sesuai di Jobplanet, dengan membaca review karyawan di berbagai perusahaan incaran Anda. Dengan begitu, Anda bisa memastikan bahwa kerja magang Anda akan produktif dan tidak sia-sia. Tentunya Anda tak ingin jika selama magang Anda hanya akan jadi “tukang fotokopi” dan membuat kopi saja, bukan?

 

Comments

comments