5 Alasan Kenapa Anda Harus Pulang Tepat Waktu

pulang kerja tepat waktu

 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Kurangnya manajemen waktu bisa menyebabkan work-life balance seorang karyawan jadi terganggu. Waktu yang sebenarnya bisa dipakai untuk beristirahat atau bersenang-senang dengan teman dan keluarga jadi banyak dihabiskan di kantor. Hal ini sepatutnya disadari baik oleh perusahaan maupun karyawan itu sendiri.

Jika Anda seseorang yang suka menunda-nunda pekerjaan, atau yang selalu bekerja melebihi jam yang ditentukan dengan alasan loyalitas, sebaiknya Anda mulai memikirkan kembali kebiasaan ini. Karena ternyata terlambat pulang kerja bisa memberikan dampak negatif bagi gaya hidup dan kesehatan Anda.

Tidak hanya itu, masih banyak hal lain yang membuat Anda sebaiknya pulang kerja tepat waktu, berikut beberapa di antaranya:

1. Mengurangi produktivitas dan meningkatkan stres

Terlalu lama menghabiskan waktu di kantor akan membuat Anda mudah stres. Apalagi jika Anda harus bekerja hingga larut malam, lama-kelamaan Anda akan dilanda kejenuhan dan produktivitas pun menurun. Akibatnya, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan satu pekerjaan jadi semakin lama. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya Anda mulai membuat timeline kerja berikut skala prioritasnya sehingga alur pekerjaan Anda jadi lebih teratur.

2. Memiliki lebih banyak social life

Bersosialisasi merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Nah, jika Anda pulang tepat waktu, tentunya Anda akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk berkumpul bersama teman, rekan kerja maupun keluarga. Ini merupakan hal yang cukup penting, terutama bagi Anda yang sudah berkeluarga. Bagaimanapun juga, beban pekerjaan di kantor harus diseimbangkan dengan kehidupan sosial yang cukup.

3. Memacu depresi

Jam kerja yang terlalu panjang tidak baik untuk kesehatan Anda. Terlalu banyak menghabiskan waktu di depan komputer atau tumpukan dokumen, ditambah dengan kurangnya interaksi dengan orang lain bisa meningkatkan potensi untuk jatuh sakit bahkan depresi. Jadi, jangan sampai Anda merasa rugi hanya karena gaji atau upah lembur yang diperoleh habis untuk berobat.

4. Melatih kedisiplinan

Menyelesaikan pekerjaan tepat waktu akan membuat Anda menjadi orang yang lebih disiplin. Jika sudah terbiasa dengan hal ini, Anda tidak akan lagi kesulitan mengatur waktu untuk hal-hal lain. Dengan kedisiplinan serta kemampuan manajemen waktu yang baik, Anda akan dipandang sebagai sosok yang bisa diandalkan.

5. Memiliki kehidupan yang lebih baik

Keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi akan memberikan kualitas hidup yang lebih baik. Dengan kualitas hidup yang baik, otomatis Anda akan merasa lebih bahagia dan pekerjaan di kantor tidak akan terlihat sebagai beban.

Nah, kalau Anda sudah menyadari hal ini, jangan sampai hak untuk mendapat work-life balance justru terhambat karena budaya perusahaan yang buruk. Untuk itu, carilah tempat kerja yang mengutamakan work-life balance dengan menerapkan jam kerja yang ideal. Informasi lengkap tentang perusahaan-perusahaan tersebut tentunya bisa Anda temukan hanya di Jobplanet! (chk/wid)

Comments

comments