4 Tips untuk Introvert Agar Mudah Beradaptasi di Kantor Baru

tips untuk introvert

 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Hari pertama bekerja di perusahaan baru biasanya sangat dinanti-nantikan oleh sebagian orang. Namun, hal itu tidak berlaku bagi para introvert. Bertemu dengan orang baru adalah salah satu hal di luar zona nyaman mereka. Tidak mudah bagi mereka untuk beradaptasi dengan budaya, lingkungan, serta teman-teman yang baru. Para introvert biasanya akan merasa gelisah dan butuh waktu lama untuk menemukan kenyamanannya. Meski begitu, ketika memasuki dunia kerja, mau tak mau mereka harus menghadapi hal tersebut.

Untuk membantu para introvert menghadapi proses adaptasi di kantor baru, berikut beberapa tips dari Jobplanet:

1. Kenali budaya perusahaan sebelum bergabung

Agar tidak kaget dengan lingkungan kerja yang baru, carilah informasi mengenai budaya perusahaan yang bersangkutan, dan mulailah buat perencanaan mengenai apa yang akan Anda lakukan untuk menghadapi lingkungan tersebut. Nah, di Jobplanet Anda bisa mengetahui seperti apa suasana kerja, hubungan antarkaryawan, serta hubungan antara atasan dan bawahan di berbagai perusahaan. Dengan mengenali suasana kantor baru, maka Anda akan merasa lebih percaya diri melewati hari pertama.

2. Jangan menutup diri

Beradaptasi memang bukanlah hal yang mudah. Hari pertama kerja adalah saatnya untuk saling berkenalan dengan rekan-rekan kerja baru. Kemungkinan besar juga Anda akan menerima banyak ajakan makan siang atau mengikuti aktivitas di luar kantor. Anda harus bisa membuka diri untuk menerima ajakan tersebut sambil mulai menciptakan zona nyaman Anda, karena hal itu akan mengurangi tekanan dan membuat Anda bekerja dengan lebih fokus.

3. Jadi diri Anda sendiri

Agar bisa beradaptasi dengan rekan kerja baru Anda tidak perlu berusaha menjadi orang lain. Jadilah diri sendiri dan biarkan mereka mengetahui bahwa Anda adalah seorang introvert. Dengan menjadi diri sendiri, Anda akan menemukan orang-orang yang bisa mengerti karakter Anda serta mau menerima Anda sebagai rekan kerja. Sebaliknya, berusaha terlalu keras menjadi orang lain justru akan meningkatkan ketidaknyamanan yang bisa dirasakan oleh orang-orang di sekeliling Anda.

4. Temukan spot kerja yang tepat

Suasana yang tenang dibutuhkan para introvert untuk bekerja lebih produktif. Beruntung jika Anda mendapatkan perusahaan dengan konsep ruangan bersekat. Tapi, jika kantor Anda menerapkan konsep ruang kerja terbuka, di mana semua orang bebas berinteraksi dan berkomunikasi tanpa sekat di masing-masing meja kerja, Anda harus pandai-pandai mencari spot yang tenang agar Anda bisa lebih berkonsentrasi. Misalnya, bekerja di meeting room ketika sedang tidak digunakan.

Perlu diingat, kenyamanan bekerja akan membuat Anda lebih produktif sehingga bisa membantu meningkatkan karier. Karena itu, cobalah mencari perusahaan yang memiliki budaya dan lingkungan kerja yang cocok bagi orang dengan kepribadian introvert. Perusahaan-perusahaan tersebut tentunya bisa Anda temukan di Jobplanet. (chk/wid)

Comments

comments