4 Tips Menghindari Drama di Tempat Kerja

4 Tips Menghindari Drama di Tempat Kerja

Setiap karyawan tentu mendambakan suasana kerja yang kondusif dan menyenangkan. Namun pada kenyataannya, suasana kerja yang kondusif tidak selalu bertahan terus-menerus. Konflik bahkan drama umumnya menyelingi. Terlebih lagi jika Anda bekerja di lingkungan perusahaan yang kompetitif.

Ketika drama terjadi di tempat kerja, performa karyawan dan kinerja perusahaan pun menjadi taruhannya. Nah, jika drama tengah terjadi di tempat kerja Anda, maka baiknya Anda hindari dengan mengikuti tips dari Jobplanet di bawah ini. Jangan biarkan diri Anda ikut terseret dalam drama berkepanjangan.

  • Fokus pada hal-hal positif

Jangan biarkan hal-hal negatif menguasai diri Anda, karena itu hanya akan memperkeruh keadaan. Jika rekan-rekan di kantor banyak yang saling sikut-menyikut demi merebut hati atasan, misalnya.

Ketimbang ikut melakukan hal yang sama dan terlibat dalam persaingan yang tidak sehat, lebih baik alihkan perhatian Anda pada hal-hal yang bisa memotivasi diri Anda. Coba bayangkan jabatan apa yang ingin Anda raih dalam tiga tahun ke depan, lalu buat rencana apa saja yang perlu Anda lakukan untuk mewujudkannya dengan tindakan nyata dan jujur. Dengan begitu, Anda jadi tak punya waktu untuk memikirkan drama yang tak perlu.

  • Hindari bergosip

Bersosialisasi di tempat kerja memang penting. Namun jika yang dibicarakan adalah gosip tentang atasan atau rekan kerja, lebih baik tahan diri Anda agar tidak ikut terlibat. Tak jarang drama yang terjadi di kantor berawal dari gosip-gosip yang beredar. Jika sampai terjadi kesalahpahaman, bukan hubungan pertemanan saja yang bisa rusak, tapi juga karier Anda!

Jika rekan kerja mencoba mengajak Anda untuk bergosip, sebaiknya abaikan saja dengan cara mengalihkan topik pembicaraan, atau berpura-pura tidak mengerti. Mengabaikan gosip lebih mudah dilakukan daripada memperbaiki konflik yang ditimbulkan dari gosip tersebut.

  • Hargai pendapat orang lain

Saling menghargai adalah salah satu upaya untuk membangun hubungan yang harmonis di antara rekan kerja. Sikap ini sebenarnya cukup mendasar, tapi bisa berdampak besar jika Anda terapkan. Ingatlah bahwa meski tidak semua orang memiliki pendapat yang sama dengan Anda, belum tentu pendapat Anda lah yang paling benar.

Saat menghadiri meeting, misalnya, usahakan untuk selalu menjadi pendengar yang baik ketika ada rekan kerja yang berbicara dan menyampaikan pendapat. Ketika menghadapi beda pendapat, cobalah untuk melihat setiap permasalahan dari berbagai sudut pandang. Dengan begitu, Anda dan rekan kerja dapat terhindar dari konflik.

  • Tetap bersikap netral

Kalau sudah terlibat dalam drama di tempat kerja, waktu dan energi Anda pasti jadi terbuang, sehingga menurunkan produktivitas serta menghambat pekerjaan Anda maupun tim. Karena itu, apabila terjadi perselisihan di sekitar Anda, cobalah untuk bersikap netral dengan tidak berpihak pada siapa pun. Anda boleh saja berusaha untuk meredakannya, tapi berhati-hatilah agar tidak terpancing untuk terlibat lebih jauh.

Daripada mengatasi konflik di tempat kerja, lebih baik Anda mencegahnya sebelum terjadi. Oleh sebab itu, sedapat mungkin hindarilah sumber-sumber pemicu drama di tempat kerja dengan menerapkan keempat tips di atas. Dengan begitu, Anda telah berupaya untuk menjaga suasana kerja tetap nyaman dan menyenangkan.

Nah, untuk memastikan perusahaan impian Anda memiliki suasana kerja yang kondusif serta memiliki hubungan antarkaryawan yang baik, jangan lupa cek review yang ditulis oleh para karyawan dan mantan karyawan di Jobplanet.

Comments

comments