4 Tindakan Sederhana yang Sebaiknya Dibiasakan di Tempat Kerja

4 Tindakan Sederhana yang Sebaiknya Dibiasakan di Tempat Kerja

Sebagai tempat di mana para karyawan menghabiskan sebagian besar waktunya, kantor dapat diibaratkan sebagai rumah kedua bagi mereka. Siapapun pasti mendambakan tinggal di rumah yang nyaman bersama keluarga yang disayangi. Persoalannya, tidak semua orang cukup beruntung hadir di tengah-tengah lingkungan kerja yang hangat dan kekeluargaan.

Meski demikian, sebenarnya suasana kekeluargaan bisa dibangun di setiap perusahaan. Bahkan untuk mewujudkan hal tersebut, Anda dan rekan-rekan kerja cukup memulainya dengan melakukan tindakan-tindakan yang sederhana, namun berkesan. Berikut di antaranya:

1. Menyambut karyawan baru

Kesan positif di hari pertama punya pengaruh yang cukup berarti bagi seorang karyawan. Pasalnya, ini merupakan fase krusial di mana jika seorang karyawan merasa keberadaannya kurang diterima, maka setelahnya ia akan sulit termotivasi dalam bekerja.

Menyambut karyawan baru tak perlu sampai menyulitkan diri sendiri. Anda dan rekan-rekan divisi bisa membantu merapikan perlengkapan kantor di atas meja kerjanya, sambil mempermanisnya dengan ucapan “Selamat Datang”. Satu lagi yang tidak boleh dilupakan adalah, mengajak teman baru Anda untuk makan siang bersama di hari pertamanya.

 2. Menunjukkan perhatian pada rekan kerja

Menjenguk ketika sakit, patungan hadiah kelahiran anak, atau memberi kejutan perpisahan di hari terakhir adalah beberapa bentuk perhatian yang bisa Anda berikan pada rekan kerja. Sederhana, namun berkesan.

Walaupun semua karyawan punya kesibukan masing-masing, tapi tidak ada salahnya kan menyempatkan sedikit waktu untuk saling menunjukkan rasa sayang? Jika para karyawan terbiasa melakukannya, maka budaya kekeluargaan di tempat kerja Anda pasti akan terbentuk dengan sendirinya.

3. Memberi kejutan untuk OB

Ketika membicarakan lingkungan kerja, terkadang kita lupa bahwa yang setiap hari memastikan ruang kerja selalu bersih dan rapi, sampai menyediakan kopi di atas meja kita, juga merupakan bagian dari keluarga besar perusahaan.

Memberi kejutan kecil di hari ulang tahun bisa menjadi salah satu cara untuk menunjukkan kepedulian kepada Office Boy (OB) atau satpam di kantor. Percayalah, merasa bahwa keberadaan mereka dihargai saja terkadang sudah cukup buat mereka. Apa lagi kalau sampai menerima perlakuan yang manis dari para karyawan.

4. Mengadakan “ritual”

Untuk membuat hari-hari di kantor lebih bermakna, rencanakanlah kegiatan rutin yang menyenangkan bersama teman-teman sedivisi. Misalnya, mengadakan pertandingan futsal setiap dua minggu sekali, atau karaoke dan nonton bersama sehabis gajian.

Daripada menunggu setahun sekali untuk outbound, akan lebih baik jika Anda dan tim mengadakan “ritual” yang sederhana. Selain mampu membuang stres, hubungan Anda dan para karyawan juga makin erat. Untuk tahu perusahaan mana saja yang sering mengadakan kegiatan unik seperti di atas, Anda bisa membaca pengalaman para karyawan di Jobplanet.

Comments

comments