4 Pertimbangan Wajib Fresh Graduate dalam Memilih Perusahaan

perusahaan untuk fresh graduate

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan pencari kerja, khususnya fresh graduate adalah berpandangan bahwa apapun pekerjaan dan perusahaannya, yang penting bisa bekerja. Nyatanya salah besar jika Anda memiliki pandangan tersebut karena pekerjaan pertama merupakan hal krusial bagi karier seseorang. Career path atau jalur karier Anda akan terbentuk ketika Anda mendapatkan pekerjaan pertama. Jadi, Anda perlu pertimbangan matang sebelum memulai pencarian.

Agar tidak salah langkah ketika mencari pekerjaan pertama, berikut adalah ciri-ciri perusahaan yang bagus dan direkomendasikan bagi fresh graduate:

1. Perusahaan yang memberikan training bagi karyawan

Lulusan baru pasti minim pengalaman dan ilmu mengenai dunia kerja. Karena itu, pekerjaan pertama Anda adalah ajang untuk mencari ilmu dan pengalaman sebanyak-banyaknya. Carilah perusahaan yang peduli akan pengembangan karyawan. Jangan takut untuk masuk ke perusahaan yang memberikan beban kerja yang tinggi, karena dari situ Anda bisa mendapatkan banyak pengalaman.

Di Indonesia, tidak sedikit perusahan yang memberikan pelatihan skill untuk karyawannya. Salah satunya PT Swasembada Media Bisnis.

majalah swa

Nah, Anda bisa menemukan perusahaan-perusahaan lain yang banyak memberikan training bagi karyawan di sini.

2. Perusahaan yang ramah kepada “anak baru”

Tidak semua perusahaan ramah kepada para lulusan baru. Budaya senioritas biasanya menimbulkan kesenjangan antara karyawan yang sudah berpengalaman dengan lulusan baru. Untuk itu, carilah perusahaan dengan budaya kerja yang kekeluargaan. Dengan demikian, Anda akan jauh dari intimidasi dan tidak akan kesulitan mendapatkan bimbingan dari para senior.

orang tua group

Di sini Anda bisa mencari tahu perusahaan apa saja yang memiliki budaya kerja seperti Orang Tua Group.

3. Perusahaan dengan job description yang jelas

Karena ini merupakan pekerjaan pertama Anda, Anda harus mencari perusahaan dengan job description yang jelas. Pengalaman kerja di perusahaan pertama akan menjadi acuan Anda untuk mendapatkan pekerjaan selanjutnya. Karena itu, Anda wajib mengajukan pertanyaan tentang tugas dan tanggung jawab Anda pada saat interview. Jangan sampai ketika sudah mulai bekerja nanti, Anda menyesal karena ternyata pekerjaan Anda tidak seperti yang dibayangkan.

4. Perusahaan ternama dan bereputasi baik

Mendapatkan pekerjaan di perusahaan ternama dan memiliki reputasi baik memang tidaklah mudah. Namun, jika Anda bisa, hal ini tentu akan menjadi batu loncatan untuk karier Anda. Sayangnya, perusahaan yang punya nama besar belum tentu menawarkan tiga kelebihan di atas. Karena itu, sebelum Anda melamar ke perusahaan manapun, baca dulu review tentang perusahaan tersebut di sini. (chk/wid)

Comments

comments