4 Bukti Cinta Karyawan pada Perusahaan

Bukti Cinta Karyawan pada Perusahaan

 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Hari Valentine yang jatuh setiap tanggal 14 Februari dimaknai sebagai Hari Kasih Sayang. Namun, bukan berarti yang berhak merayakan serta merasakan kehangatannya hanya pasangan kekasih saja. Baik di Hari Valentine maupun hari-hari lainnya, Anda bebas menunjukkan rasa sayang terhadap keluarga, sahabat, bahkan perusahaan tempat Anda bekerja.

Sama halnya dalam sebuah hubungan asmara, kecintaan pada perusahaan tidak semata-mata tercermin dari apa yang tampak seperti loyalitas. Meski seorang karyawan telah bekerja selama bertahun-tahun, tidak menutup kemungkinan di balik itu ia melakukan perbuatan-perbuatan yang justru menjatuhkan perusahaan.

Lantas, hal apa saja yang bisa membuktikan kecintaan seseorang pada tempat kerjanya?

1. Menjadi duta perusahaan

Melakukan kegiatan pemasaran tak hanya menjadi tugas tim Marketing saja. Apapun divisi yang Anda tempati, sudah semestinya Anda turut memperkenalkan perusahaan kepada orang-orang sekitar, dan mengajak mereka menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan.  Dengan kata lain, selain sebagai karyawan, Anda juga berperan sebagai duta perusahaan.

Rasa bangga serta sense of belonging yang kuat merupakan pertanda bahwa seorang karyawan cinta dengan perusahaannya. Nah, jika itu yang Anda rasakan, maka tanpa iming-iming imbalan pun Anda pasti rela melakukannya.

2. Menghindari perbincangan negatif

Curhat dengan teman soal suka duka di kantor adalah hal biasa. Akan tetapi, seorang karyawan yang cinta dengan tempat kerjanya pasti bisa membedakan mana yang layak diceritakan dan mana yang tidak. Ia tidak akan mengumbar informasi yang tak semestinya diketahui pihak lain, karena ia sadar bahwa setiap hal negatif yang diucapkan bukan cuma dapat mencoreng nama perusahaan, tapi juga berisiko berbalik kepadanya.

3. Menjaga tingkah laku

Ketika Anda terikat dengan suatu perusahaan, maka di manapun berada, ada nama baik yang harus Anda jaga. Dengan kata lain, apabila Anda berbuat salah di depan publik, reputasi perusahaan juga bisa ikut tercemar. Namun selama Anda mampu menjaga tingkah laku, serta selalu berpikir sebelum bertindak, Anda pasti bisa mencegah agar hal tersebut tidak terjadi. Tindakan ini sekaligus mencerminkan rasa cinta Anda sebagai seorang karyawan.

4. Menyumbang ide dan prestasi

Untuk mengeluarkan ide-ide, yang dibutuhkan bukan hanya kecerdasan dan kreativitas, tapi juga keinginan untuk melihat perusahaan maju. Jika hal ini sudah tertanam dalam diri Anda, tanpa dipaksa pun Anda pasti bersedia mencurahkan waktu, tenaga, dan isi kepala demi keberhasilan perusahaan. Bentuk kontribusi yang demikian bukan diberikan hanya demi kebanggaan dan kepentingan pribadi, namun yang terpenting untuk perusahaan.

Apabila seorang karyawan telah mempraktikkan keempat hal di atas, maka ia berhak mendapat balasan yang setimpal dari perusahaan. Wujud apresiasi tersebut di antaranya, memberikan gaji yang layak, membangun budaya kerja yang positif, serta menyediakan ruang bagi pengembangan karier karyawan. Nah, hubungan timbal balik yang saling menguntungkan inilah yang semestinya ada di setiap perusahaan.

Comments

comments