4 Alasan Anda Tak Kunjung Mendapat Panggilan Interview

 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Sudah mengirimkan banyak lamaran, tapi belum juga mendapat panggilan interview? Masalah ini pasti sudah biasa dialami oleh para pelamar, terutama first timer atau fresh graduate yang baru pertama kali mencari pekerjaan.

Pada umumnya, hal tersebut dapat disebabkan oleh banyak faktor. Namun, sering kali penyebab utamanya adalah sejumlah kekurangan yang tidak disadari oleh para pelamar. Yuk, simak beberapa alasan yang dirangkum oleh Jobplanet berikut ini:

  1. Tata bahasa pada cover letter

Surat pengantar lamaran atau biasa disebut cover letter merupakan salah satu poin penting dalam melamar pekerjaan. Selain CV, cover letter juga merupakan hal yang pertama kali dilihat oleh perusahaan. Melalui cover letter, perusahaan dapat mengetahui profil Anda secara ringkas, termasuk alasan Anda melamar di perusahaan tersebut, dan biasanya perusahaan tertentu lebih mengutamakan pelamar yang menuliskannya dalam Bahasa Inggris.

Terkadang kesalahan yang dibuat oleh pelamar adalah mengirimkan resume atau CV tanpa mencantumkan cover letter. Kalaupun dicantumkan, pelamar tidak memerhatikan tata bahasa yang baik dan benar pada tulisannya. Akibatnya, perusahaan menangkap impresi atau kesan negatif tentang si pelamar. Jika sejak awal kesan Anda di mata perusahaan sudah buruk, bagaimana mereka akan tertarik memanggil Anda untuk interview?

  1. Tampilan CV kurang menarik

Jelas sekali bahwa CV merupakan elemen yang patut Anda perhatikan jika ingin melamar ke sebuah perusahaan. Sebagai pencari kerja, sudah semestinya Anda mempersiapkan CV sebaik mungkin. Terutama bagi Anda yang melamar sebagai desainer, tampilan CV akan menjadi tolak ukur bagi perusahaan untuk mengetahui kemampuan Anda.

Selain desainer, tampilan CV yang menarik juga bisa menjadi poin plus bagi Anda yang melamar untuk posisi lain. Akan tetapi, banyak orang yang masih mengabaikan hal ini, dan hanya membuat CV dengan tampilan seadanya. Padahal, amat disayangkan jika pengalaman dan keahlian Anda tidak dikemas dengan menarik.

  1. Kemampuan yang dimiliki tidak memadai

Cover letter sudah ditulis dengan baik. Desain CV pun sudah dibuat semenarik mungkin. Namun, Anda masih belum juga mendapatkan panggilan kerja dari perusahaan. Lalu, apa yang jadi permasalahannya?

Coba lihat kembali, apakah kemampuan yang Anda miliki sudah sesuai dengan yang disyaratkan oleh perusahaan? Jika kemampuan dan pengalaman Anda memang belum memenuhi kualifikasi, tak perlu kecewa. Anda dapat mencari lowongan pekerjaan lain, atau mengakalinya dengan mengikuti tips yang ada di sini.

  1. Pengalaman sebelumnya tidak sesuai

Anda mungkin memiliki IPK tinggi serta CV dengan desain yang menarik, tapi apakah kedua hal itu cukup untuk membuat Anda dipanggil oleh perusahaan? Perusahaan tentu ingin merekrut seseorang dengan latar belakang pendidikan atau pengalaman yang sesuai untuk menduduki posisi yang lowong di perusahaan mereka. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah memahami ritme kerja di perusahaan tersebut.

Sebenarnya, faktor yang menyebabkan Anda tak kunjung mendapatkan panggilan interview tidak selalu berasal dari diri sendiri, tapi terkadang juga berasal dari perusahaan. Misalnya, perusahaan masih membutuhkan waktu untuk menilai kualifikasi pelamar, atau bahkan perusahaan memang tidak sedang membuka lowongan.

Nah, setelah membaca keempat poin di atas, semoga Anda bisa belajar dan mengevaluasi diri dalam melamar pekerjaan selanjutnya. Jika memang belum mendapat panggilan, terus berusaha mencari dan jangan lupa juga untuk berdoa. Tetap semangat ya, Planeters!

Comments

comments