4 Alasan Anda Harus Berhenti Mengeluhkan Pekerjaan

4 Alasan Anda Harus Berhenti Mengeluhkan Pekerjaan

Banyak yang bilang setiap pekerjaan itu punya kesulitan masing-masing. Hanya saja cara orang menghadapinya berbeda-beda. Ada yang bersikap bijak, ada pula yang hanya bisa mengeluh. Jika Anda adalah tipe yang kedua, maka Anda harus banyak belajar dari mereka yang selalu bisa menemukan sisi terang dari setiap tantangan di dunia kerja.

Nah, berikut ini empat alasan mengapa Anda harus berhenti mengeluhkan pekerjaan:

1. Tidak mengurangi beban kerja

Mengeluh tidak akan membuat beban kerja Anda berkurang. Sebaliknya, tanggung jawab Anda justru terasa semakin berat. Setiap Anda mulai mengalami stres akibat pekerjaan, berhentilah sejenak untuk beristirahat dan menjernihkan pikiran. Dengan pikiran yang jernih, bisa dipastikan Anda jauh lebih siap untuk menyelesaikan pekerjaan.

2. Sulit merasa bahagia

Jika ucapan Anda selalu berisi keluhan soal atasan yang memberi tugas tanpa henti, pikiran Anda hanya dihantui bayangan pekerjaan yang menanti di kantor, dan hati Anda dikuasai rasa kesal karenanya. Lalu apa yang bisa membuat Anda bahagia? Ingatlah bahwa banyak orang lain di luar sana yang perjalanan kariernya jauh lebih berat dari Anda. Mereka mungkin memimpikan untuk punya kehidupan karier seperti yang Anda miliki.

3. Membuat jengkel orang lain

Terkadang mencurahkan isi hati pada orang lain memang dibutuhkan. Namun, jangan lakukan ini jika pekerjaan yang selalu Anda angkat sebagai topiknya. Anda mungkin punya banyak teman dekat yang sering dijadikan tempat curhat. Tapi jika mereka harus mendengarkan keluhan Anda terus-menerus, lama-lama sahabat Anda sekalipun bisa menjauh karena merasa jengkel.

4. Mengancam karier

Tipe orang yang senang mengeluh akan sulit bertahan dalam karier. Tak peduli di manapun ia bekerja, akan selalu ada hal kecil yang ia permasalahkan. Kebanyakan perusahaan pun enggan mempekerjakan orang seperti ini. Nah, Anda tak ingin jadi salah satunya, kan? Untuk itu, berusahalah untuk tidak membiarkan pekerjaan mengendalikan sikap dan mood Anda menjadi negatif.

Sulit dipungkiri pekerjaan sering kali menjadi faktor yang memengaruhi suasana hati seseorang. Ketika Anda dihadapkan pada situasi yang berat di tempat kerja, misalnya kerja lembur setiap hari atau dipimpin atasan yang mudah marah, satu cara yang bisa Anda lakukan adalah mengekspresikan emosi tersebut. Namun setelah membaca keempat poin di atas, Anda tentu semakin sadar bagaimana mengeluh membawa lebih banyak dampak negatif daripada positif.

Meskipun Anda disarankan untuk menyikapinya secara bijak dan berhenti mengeluh, tapi seyogianya Anda juga kenal batasannya. Sampai di titik mana situasi di tempat kerja bisa dikatakan wajar? Apabila tanda-tanda harus mencari pekerjaan baru sudah Anda temukan, maka bersiaplah menelusuri Jobplanet untuk menemukan perusahaan baru yang jauh lebih baik.

Comments

comments