Ketahui 5 Hal Ini Sebelum Melamar ke Pertamina

pertamina

Pertamina merupakan salah satu BUMN yang jadi incaran utama pencari kerja. Gaji dan tunjangan yang menjanjikan, serta masa tua karyawan yang terjamin menjadi daya tarik Pertamina. Tidak heran setiap perusahaan tersebut membuka lowongan kerja, pelamarnya bisa mencapai ribuan. Nah, jika Anda salah satu orang yang ingin bekerja di Pertamina, berikut lima hal yang wajib Anda ketahui sebelum melamar ke sana:

1. Anak perusahaan Pertamina

anak perusahaan pertamina

Banyak yang belum tahu bahwa Pertamina memiliki banyak anak perusahaan. Pertamina menguasai semua bisnis di industri minyak dan gas, mulai dari hulu sampai hilir. Tidak hanya itu, Pertamina ternyata juga membawahi perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang modal usaha, perhotelan, transportasi udara, dan sebagainya. Dengan total 18 anak perusahaan, maka peluang Anda untuk bekerja di Pertamina pun lebih besar!

2. Proses seleksi masuk

seleksi masuk pertamina

Untuk bisa bekerja di Pertamina tidaklah mudah. Anda harus melewati tahapan seleksi yang cukup panjang, yakni terdiri dari seleksi administrasi, tes psikometri, tes TOEFL, tes kesehatan, wawancara user dan wawancara direksi, serta bersaing dengan ribuan kandidat lainnya. Selain itu, Anda juga harus bersabar, karena proses seleksi ini dapat berlangsung selama dua hingga tiga bulan.

3. Budaya kerja

Salah satu keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika bekerja di Pertamina adalah memiliki work-life balance. Karena Pertamina merupakan perusahaan BUMN, jadi beban kerjanya tidak setinggi di perusahaan swasta. Anda hanya akan dituntut untuk bekerja selama 8 jam, yaitu dari pukul 7 pagi hingga 4 sore–sudah termasuk satu kali istirahat. Karena itu, Pertamina sangat cocok bagi Anda yang sudah berkeluarga.

Berbeda dengan BUMN lainnya, komunikasi antarkaryawan dan antarlevel di Pertamina cukup santai dan tidak kaku. Pakaian yang dikenakan juga bebas dan karyawan diperbolehkan mengenakan jeans. Tapi, di hari Senin dan Kamis, karyawan diwajibkan memakai seragam putih dan biru.

lsp

4. Gaji dan fasilitas

Gaji karyawan Pertamina yang konon cukup tinggi sudah tidak perlu diragukan lagi. Rata-rata gaji staff entry level di Pertamina adalah sebesar Rp7 juta. Angka ini merupakan dua kali rata-rata gaji di perusahaan swasta.

Selain memberikan gaji yang tinggi, Pertamina juga menyediakan fasilitas yang lengkap untuk para karyawannya. Mulai dari klinik, gym, hingga baby day care.

Bagaimana? Semakin tertarik? Anda bisa melihat range gaji Pertamina untuk level dan posisi lainnya di sini.

5. Pertanyaan interview

Perlu Anda ketahui, terkadang beberapa pertanyaan yang diajukan saat interview sungguh di luar ekspektasi. Contohnya seperti pertanyaan-pertanyaan yang dihadapi kedua pelamar Pertamina berikut:

interview di pertamina

interview di pertamina

Agar tidak kaget saat mendapatkan pertanyaan “ajaib”, Anda bisa mempelajari dulu kisi-kisi interview Pertamina lainnya di sini.

Setelah mengetahui kelima hal di atas, kini saatnya Anda memulai persiapan untuk mengikuti seleksi di Pertamina. Semoga berhasil! (chk/wid)

Comments

comments